Bupati Lamongan Bantu Ghani sampai Sembuh

Ghani Zakir Alhamzah (IST)

Bupati Lamongan Fadeli akan membantu kesembuhan sampai sembuh Ghani Zakir Alhamzah yang didiagnosis mengalami kelainan syaraf di usus besarnya, hirschprung.

“Untuk biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS, seperti transportasi dan kebutuhan kantong stoma tambahan, Bapak Bupati Fadeli sudah perintahkan agar itu ditanggung oleh Pemkab Lamongan,” Kabag Humas dan Protokol Setdakab Lamongan Agus Hendrawan kepada wartawan, Ahad (16/9).

Agus menjelaskan Ghani sudah menjalani beberapa kali prosedur operasi. Termasuk pembuatan stoma, atau lubang untuk mengeluarkan feses dari perut.

Pada saat dilakukan prosedur penutupan stoma pada usia anak 13 bulan, operasi itu gagal dilanjutkan karena jahitan stoma terserang bakteri. Jika prosedur ini selesai dijalankan, sebenarnya akan dilanjutkan dengan menghubungkan bagian usus yang sehat ke anus.

Dinas Sosial Lamongan sudah menyiapkan fasilitas rumah singgah di Surabaya, agar keluarga pasien bisa berkonsentrasi melakukan perawatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Pihak RSUD dr Soegiri Lamongan juga memberikan bantuan sebanyak 40 buah kantong stoma. Sekaligus mengajarkan cara penggunaan yang baik dan benar.

Di lain pihak, Dinas Kesehatan akan melakukan pendampingan selama proses perawatan. Hingga saatnya nanti dilakukan prosedur operasi penyambungan usus yang sehat ke anus. (Rinto | Yunus)