by

Kurban 4 Kambing & 2 Sapi, Ini Makna Idul Adha Menurut Wabup Lamongan

Wakil Bupati Lamongan, Dra. Hj.Kartika Hidayati, M.M, M.HP bersama masyarakat (Dok Rinto)

Wakil Bupati Lamongan, Dra. Hj.Kartika Hidayati, M.M, M.HP di Hari Raya Idul Adha 1439 H menyemarakkan hari Raya Kurban dengan cara ikut berkurban sebanyak empat ekor kambing dan dua ekor sapi. Hewan kurban orang nomer dua di Lamongan itu disumbangkan untuk kaum dhuafa serta warga di sekitar tempat kediaman di Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan, Kamis (23/8/2018)

Bunda Kartika sebutan akrabnya mengatakan, berkurban adalah salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Berkurban itu berarti kesunggguhan manusia dengan menyerahkan segalanya kepada Allah sang pencipta,” tutut Dra. Kartika saat membaur dengan warga sekitar yang tampak keakrabannya.

Tak hanya itu, Wakil Bupati perempuan pertama di Lamongan ini juga mengingatkan akan kisah Nabi Ibrahim yang sudah mengikhlaskan putranya Nabi Ismail yang sangat dicintai. Karena perintah Allah maka Nabi Ibrahim rela untuk menyembelih putranya tersebut.

Baca juga:  Astaghfirullah, Warga NU Pasuruan Nyabu Sambil Indehoy

“Hal ini tentunya merupakan wujud dari penyerahan dirinya (Ibrahim) kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan berkurban manusia diajarkan untuk berbagi kepada para mukmin lain, yang pastinya mereka kurang mampu.

“Karena Allah SWT selalu mempunyai alasan yang sangat kuat untuk memerintahkan hambanya (manusia) untuk berkurban,” ujarnya.

Dengan adanya kurban, muslim yang kurang mampu juga ikut merasakan bagaimana indahnya Islam dengan adanya hari kurban.

Selain itu, bunda Kartika juga mengatakan keikhlasan dari manusia itu pastinya diuji. Diuji dari sifat rakus dan tamak akan harta dunia yang mereka senangi.

Baca juga:  Rumah Cicilan Rp.790 Ribu Ternyata Masih Ada di IPEX 2017, Penasaran?

“Kurban itu berarti memberikan apa yang telah kita cintai (duniawi) serta apa yang kita sayangi lewat harta dengan cara berkurban,” tuturnya.

Tak hanya menyaksikan hewan kurbannya di sembelih, Wakil Bupati Lamongan yang biasa begitu akrab dengan warganya tersebut dalam kesempatan ini juga ikut membaur mengemas dan membagikan daging kurban kepada ratusan kaum dhuafa dan warga sekitar tempat kediamannya di Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.

Dengan pelaksanaan kegiatan kurban ini, beliau berharap daging kurban yang sudah terbagi bisa bermanfaat bagi warga sekitar khususnya para kaum dhuafa yang menjadi prioritas dalam pembagian daging hewan kurbannya. (Rinto)

loading...

Loading...

News Feed