Menteri NU Diselamatkan Kasus Kardus Durian, KPK bisa Diintervensi

Gedung KPK (IST)

Pernyataan Mahfud MD yang diminta menyelamatkan menteri dari NU dalam kasus kardus durian dan sampai sekarang tidak diproses menandakan KPK tidak independen.

“Dari pernyatan Mahfud dan faktanya menteri tersebut tidak jadi tersangka membuktikan KPK bisa diintervensi,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Kamis (16/8).

Kata Muslim, Mahfud sebagai pegiat antikorupsi harusnya segera melaporkan ke KPK menteri yang terlibat kasus kardus durian. “Justru Mahfud terlihat diam, padahal punya datanya,” jelasnya.

Muslim mengatakan, KPK harus memanggil menteri yang terlibat dalam kasus kardus durian. “Kalau tidak segera dipanggil citra KPK makin buruk,” papar Muslim.

Sebelumnya Mahfud menceritakan, pernah diminta Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj untuk menyelamatkan menteri dari NU yang terlibat dalam kasus suap kardus durian.

“Waktu adanya kasus seorang menteri itu terlibat kasus durian, saya ada di Mekah. Pagi-pagi subuh, Aqil Siroj telepon, ‘Pak Mahfud Pak Mahfud Tolong, sesama kader NU tolong ini diselamatkan, nanti NU bisa rusak ini kalau kena’,” kata Mahfud MD menirukan suara Aqil Siradj.

“Begitu ada kasus politik begini, lalu bilang bukan kader,” tambah Mahfud, lalu audiens pun tertawa.