Dengan Semangat Kemerdekaan, Timnas Indonesia U-23 Taklukkan Laos

Indonesia vs Laos – twitter

Tim nasional Indonesia U-23 pada laga Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Jumat (17/8/2018) menghajar Laos dengan kemenangan 3-0. Beto Goncalves jadi bintang dengan mencetak dua gol.

Pemain berusia 37 tahun itu menghasilkan angka bagi Timnas Indonesia U-23 di menit ke-14 dan 47. Ricky Fajrin kemudian menutup kemenangan timnas di menit 75.

Tambahan tiga angka pada pertandingan ini membuka peluang anak asuh Luis Milla ke babak berikut. Timnas kini mengoleksi enam angka dari tiga laga.

Mereka hanya tertinggal tipis di belakang peringkat dua Hong Kong (tujuh poin, tiga laga) dan Palestina (delapan poin, empat laga).

Dengan Palestina sudah pasti lolos, Timnas Indonesia U-23 akan memperebutkan satu tiket otomatis tersisa melawan Hong Kong, Senin (20/8/2018). Sementara Laos sudah masuk kotak karena selalu tumbang di tiga partai.

Babak Pertama

Membutuhkan kemenangan, Timnas Indonesia langsung mengebrak sejak awal laga. Peluang pun sudah didapat pada menit kedua.

Namun, tandukan Stefano Lilipaly usai menyambut umpan silang Febri Hariyadi masih tepat di kiper Laos.

Baca juga:  Tekuk Swedia 2-0, Inggris ke Semifinal

Kemampuan timnas dalam memenangkan bola udara juga menghadirkan kesempatan bagi Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves. Sayang usaha keduanya belum tepat sasaran.

Usaha timnas akhirnya membuahkan hasil. Memaksimalkan terobosan Saddil Ramdani, Beto tanpa kesulitan mencetak gol keduanya pada Asian Games.

Tempo pertandingan kemudian melambat. Meski begitu, timnas masih mengancam dengan Laos sesekali melancarkan serangan.

Peluang didapat Saddil Ramdani dan Evan Dimas. Sementara Soukchinda Natphasouk hampir menyamakan kedudukan bagi Laos jika saja tidak terperangkap offside.

Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi, dan Beto Goncalves juga sempat menembak walau mereka gagal memperbesar keunggulan bagi timnas di babak pertama.

Babak Kedua

Timnas kembali menekan di awal babak. Kali ini usaha mereka langsung membuahkan hasil. Bola jatuh ke kaki Beto Goncalves setelah kerja sama Saddil Ramdani, I Putu Gede Juni Antara, dan Stefano Lilipaly.

Penyerang Sriwijaya FC itu lalu melepas tendangan kaki kiri yang tidak mampu dihentikan kiper Saymanolinh Paseuth.

Timnas terus menekan lewat tendangan Evan Dimas dan Rezaldi Hehanusa. Masuknya Irfan Jaya menggantikan Saddil Ramdani juga menambah tenaga Indonesia.

Baca juga:  Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

Irfan Jaya kemudian mendapat peluang emas dengan tandukan jarak dekat. Namun, tidak lama berselang, duet bek tengah Hansamu Yama Pranata dan Ricky Fajrin berkombinasi untuk memperbesar keunggulan timnas.

Hansamu Yama dan Ilham Udin Armaiyn lalu hampir mencatatkan nama di papan skor setelah memenangkan duel udara.

Namun, usaha timnas selalu kandas akibat kecemerlangan kiper Saymanolinh Paseuth. Skor pun tidak berubah.

Susunan Pemain

Timnas Laos U-23: Saymanolinh Paseuth, Aphixay Thanakhanty, Xayasith Singsavang, Xouxana Sihalath (Kydavone Souvanny 81), Phoutthasay Khochalern (Kiengthavesak Xayxanapanya 72), Lathasay Lounlasy, Bounphachan Bounkong, Tiny Bounmalay (Chansamone Phommalivong 78), Phithack Kongmathilath, Phouthone Innalay, Soukchinda Natphasouk

Timnas Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa, I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono (Hanif Sjahbandi 82), Saddil Ramdani (Irfan Jaya 63), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves (Ilham Udin Armaiyn 73)