MUI Dukung KH Ma’ruf sebagai Cawapres

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019.

“Saya kira itu salah satu bentuk apresiasi dari Presiden, pimpinan parpol, bahwa Kiai Ma’ruf sangat berpengaruh dalam proses pemilihan,” kata Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi, Senin (13/8) dikutip dari Republika Online.

Kata Masduki, secara organisasi MUI mendukung secara moral. “Kita secara moral pasti mendukung dengan batasan-batasan yamg diperbolehkan oleh organisasi,” ungkapnya.

Menurut dia, memang ada niat dari Kiai Ma’ruf untuk mengimplementasikan gagasan dan idenya tentang ekonomi keumatan.

Ia menilai, selama ini Kiai Ma’ruf dikenal sebagai orang yang banyak berbicara tentang ekonomi keumatan. Namun, dalam pelaksanaannya selalu dilakukan orang lain. “Saat ini kiai dipercaya untuk jadi calon eksekutif, tentu dia mau terjun langsung untuk menerapkan konsep-konsepnya,” ujar Masduki.

Menurut dia, permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ada saat ini sangat cocok ditangani oleh Kiai Ma’ruf. Dengan terjun langsung sebagai wakil presiden, dia mengatakan, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu dapat fokus agar negara bisa mengentaskan kesenjangan ekonomi. “Kalau terjun langsung kan bisa mengatasi langsung,” kata dia.