LRT Palembang Mogok & Jokowi Bilang Dihentikan, Siapa Sebar Hoax?

Presiden Jokowi (IST)

Publik mendapat dua informasi yang berbeda terkait kereta Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan.

Warga Palembang menyatakan LRT mogok namun dibantah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bukan mogok, saya sudah tanya. Itu memang diberhentikan kok,” kata Jokowi, Kamis (2/8).

Juru bicara PT KAI Divre III Aidah mengatakan kereta LRT itu sempat mengalami kendala teknis selama 50 menit. “Benar, kemarin sore itu LRT ada kendala dan berhenti saat kondisi hujan lebat di Palembang. Berhenti sekitar jarak 2 km sebelum tiba di stasiun bandara, kurang-lebih sekitar 50 menit,” Juru bicara PT KAI Drivre III Kota Palembang Aidah saat dimintai konfirmasi, Kamis (2/8).

Baca juga:  Dukung Jadi Presiden 2024, Rakyat Jatim Deklarasi Relawan Moeldoko

Dia meluruskan LRT itu bukan mogok melainkan berhenti. Selama LRT berhenti, kata Aidah, semua penumpang memilih tetap bertahan di dalam kereta.

“Kalau dibilang mogok, sebenarnya LRT bukan mogok. Lebih tepatnya terhenti, ya. Sebab, lampu dan AC kereta hidup semua, hanya tidak jalan,” sambungnya.

Saat ditanya apakah kereta LRT berhenti karena faktor listrik atau karena cuaca, Aidah mengaku belum tahu secara pasti penyebabnya. Penyebab masih diteliti bersama agar hal serupa tak terjadi saat Asian Games.

“Itu yang belum bisa kami pastikan. Saat ini sedang diteliti (apakah faktor listrik atau hujan). Yang jelas, itu jadi evaluasi bersama menjelang Asian Games,” kata Aidah.

Baca juga:  Terima Proyek Kominfo Rp10,83 M untuk Melatih Influencer, Aktivis Politik: KPK Harus Periksa Yosi Project Pop