Ini Dia Bahaya Pakai Kondom Bekas

Penggunaan kondom menjadi cukup penting ketika Anda ingin melakukan hubungan badan sehat atau menunda kehamilan. Tapi, penggunaan yang tepat menjadi hal penting yang menentukan kenyamanan permainan di ranjang.

Tapi, apakah Anda pernah terpikir untuk menggunakan kondom yang sudah terpakai?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan peringatan kepada orang Amerika untuk berhenti mencuci dan menggunakan kembali kondom. Hal ini karena ternyata banyak orang yang mencuci dan menggunakan kondom setelah dipakai!

“Kami mengatakannya karena orang-orang melakukannya: Jangan mencuci atau menggunakan kembali #condoms! Gunakan yang baru untuk setiap tindakan #sex,” tulis mereka di Tiwtter, dari Indiana Express, Jumat (10/8/2018).

Konsultan ahli urologi senior dari Max Hospital, Patparganj, dokter Shailesh Chandra Sahay mengatakan, secara medis menggunakan kembali kondom tidak dianjurkan. Setelah kondom digunakan, lapisan latexnya rusak dan ini yang membahayakan kondom yang telah dipakai untuk kembali dipergunakan.

Ini mungkin tidak terlihat oleh mata telanjang tetapi mungkin tidak berguna untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan infeksi menular seksual. Jadi, sebatas penutup saja, tidak sampai memberikan manfaat apa-apa.

“Tidak mungkin Anda dapat mengkonfirmasi integritas kondom untuk perlindungan terhadap kehamilan setelah digunakan, dihilangkan, dicuci, dan diganti,” kata Dr Alyssa Dweck, dokter kandungan kebidanan bersertifikat.

Kedua hal ini menunjukkan fakta yang sama. Mencuci kondom dengan sabun atau menggunakan kembali yang lama membuat fungsi dari kondom tidak efektif. Jadi, setidaknya tidak menggunakannya lagi!

“Anda harus menggunakan kondom dengan cara yang diinginkan dan diuji oleh produsen – jika tidak, Anda tidak dapat mengandalkan kondom lagi untuk melakukan tugas tersebut,” kata Dweck.