by

Suasana Salat Khusuf di Bawah Gerhana Bulan Total di Kota Mekah

Foto: Gerhana bulan total di sebagian belahan bumi juga terjadi di langit kota Mekah, Arab Saudi. (Foto: Media Center Haji 2018)

Penampakan Gerhana bulan total di sebagian belahan bumi juga terjadi di langit kota Mekah, Arab Saudi. Salat gerhana atau salat khusuf digelar di Masjidil Haram.

Salat gerhana dimulai pukul 22.00 malam waktu setempat, Jumat (27/7/2018) malam. Salat dipimpin langsung oleh imam Masjidil Haram.

Jamaah salat gerhana ini kebanyakan merupakan jamaah salat isya yang masih bertahan di Masjidil Haram. Salat gerhana dua rakaat ini berlangsung selama 1 jam 18 menit dilanjut khutbah.

Jamaah yang mengikuti salat gerhana ini melaksanakan salat di sejumlah zona yang ada di masjidil haram. Khusus zona tawaf yang berada di samping ka’bah tidak digunakan salat gerhana.

Baca juga:  Dubes Rusia untuk Turki Tewas Ditembak, Ini Dia Fotografer yang Mengabadikan

Tawaf masih berlangsung salat gerhana dilakukan. Untuk diketahui banyak jamaah haji yang melakukan tawaf bagian dari umrah wajib. Setelah selesai melaksanakan salat, mereka langsung bergeser ke zona sa’i.

Tak sedikit jamaah yang memilih melaksanakan salat di rooftop Masjidil Haram. Pada zona ini, jamaah sebelum salat bisa melihat proses gerhana bulan.

Saat salat berlangsung bulan di langit Mekah masih dalam kondisi parsial. Merujuk pada jadwal fase gerhana di wilayah timur tengah, gerhana total di Arab Saudi dimulai pukul 22.30, di saat salat gerhana di Masjidil Haram masih berlangsung. Saat salat gerhana selesai, gerhana bulan total masih berlangsung di atas Mekah.

Baca juga:  KAI Sediakan Sahur dan Takjil Gratis Buat Penumpang pada Ramadan 2019

Gerhana matahari total di atas langit Mekah berakhir pada pukul 00.13 waktu setempat. Dari waktu tersebut, fase gerhana beralih ke fase gerhana parsial yang kemudian berakhir pada pukul 01.19.

loading...

Loading...

News Feed