Ahmad Dhani: Jadi Presiden Dolar AS Rp10.000 Merupakan Hoax Pertama

Berdasarkan sejarah hoax di Indonesia berasal dari opini yang menyebut dolar AS mencapai Rp 10 ribu jika Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden.

Demikian dikatakan musisi Ahmad Dhani kepada suaranasional, Senin (16/7). “Sejarah hoax selanjutnya Twitter palsu Ahmad Dhani yang menyebut ‘Jokowi Presiden potong kemaluan saya’,” kata Dhani.

Kata Dhani sejarah awal hoax berkembang dari pusat hoax nasional.

Rocky Gerung mengatakan pembuat berita bohong terbaik adalah pemerintah yang sedang berkuasa. “Pembuat hoax terbaik adalah penguasa,” katanya.

Rocky Gerung melayangkan kritik keras pada pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menangani hoax atau berita bohong. Menurut dia, pemerintah saat ini sedang panik.

“Kita mencium ada semacam kepanikan di dalam rezim ini. Orang panik biasanya ingin cari pegangan apa saja. Kayak orang hanyut, dia mau raih apa saja. Entah itu kaleng bekas hanyut, batang pohon. Jadi kepanikan menunjukkan ada krisis, sebenarnya,”

Alasannya, penguasa memiliki seluruh peralatan untuk berbohong. Intelijen, kata dia, pemerintah punya, begitupun data statistik dan media. “Tapi itu faktanya. Hanya pemerintah yang mampu berbohong secara sempurna,” kata Rocky.