Menantu Hendropriyono Jadi Pangkostrad

Menantu Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, Letjen Andika Perkasa akan dipromosikan menjabat sebagai Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Andika menggantikan Letjan Agus Kriswanto yang akan memasuki masa pensiun.

“Iya benar ada pemutasian jabatan Pati, termasuk Letjen TNI Andika Perkasa,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, Jumat (13/7) dikutip dari Antara.

Andika Perkasa lahir di Bandung pada 21 Desember 1964. Ia merupakan lulusan Akademi Militer 1987, bersama dengan Mayjen Kustanto Widiatmoko dan Mayjen M. Herindra.

Setelah lulus dari akademi militer, Andika langsung bergabung dengan jajaran korps baret merah, Kopassus. Kariernya dimulai sebagai komandan peleton.

Tak butuh waktu lama, ia berangsur-angsur naik menjadi Dansub Tim 2 Detasemen 81 Kopassus (1991), Den 81 Kopassus (1995), Danden-621 Yon 52 Grup 2 Kopassus (1997), Pama Kopassus (1998), dan Pamen Kopassus (1998).

Belum genap setahun, ia dimutasi dan menjabat sebagai Pabandya A-33 Direktorat A Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

Selama bertugas, Andika banyak menghabiskan waktunya untuk pendidikan. Dalam kurun waktu antara 2003 hingga 2011, lulusan S1 Sarjana Ekonomi dalam negeri itu, berada di Washington D.C, Amerika Serikat untuk memperoleh pendidikan militer.

Ia meraih tiga gelar S2 (M.A, M.Sc., M.Phil.,) dan satu gelar S3 (Ph.D) dari The George Washington University, National Defense University, Norwich University, dan Harvard University.