Evakuasi Korban di Danau Toba Dihentikan, Ratna Sarumpaet: Mahfud MD dan Jokowi Diam

Ratna Sarumpaet (IST)

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD dan Presiden Jokowi tidak bersuara ketika pemerintah menghentikan evakuasi korban KM Sinar Bangun di Danau Toba.

Seminggu sdh @luhutpanjaitan stop evakuasi korban D. Toba. Putusan tak manusiawi, tdk transparan, d langgar Pancasila ini ramai dprotes d Sumut, Jkt, media/sosmed, namun aku blm dngr suara Pa @Jokowi d @mohmahfudmd y digaji BPIP dg mahal itu mpersoalkannya,” kata aktivis politik Ratna Sarumpaet di akun Twitter-nya @RatnaSpaet.

Operasi pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan terhadap korban dan bangkai Kapal Motor Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara, dihentikan. Keputusan ini diambil setelah petugas bermusyawarah dengan keluarga korban.

Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan mengatakan, penghentian pencarian diputuskan pada hari ke-16 pascatenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba pada Senin, 18 Juni 2018

Pada perpanjangan ketiga di hari ke-16 ini, pencarian dihentikan,” kata Budiawan, Selasa (3/7/2018).

Meski operasi pencarian diberhentikan, sejumlah personel tim SAR tetap mendapat tugas untuk melakukan pemantauan. Tidak hanya personel, peralatan seperti kapal dan perahu karet juga disiagakan di perairan Danau Toba.