Prediksi Rusia vs Kroasia

Laga perempat final antara tuan rumah Rusia kontra Kroasia di Stadion Fisht Olympic, Sochi, Minggu (8/7) dini hari WIB, akan menjadi pertarungan penuh ambisi dari dua tim yang tidak diperhitungkan.

Bagi Rusia, Piala Dunia 2018 merupakan yang pertama. Alhasil, pencapaian hingga delapan besar adalah sejarah bagi negeri “Beruang Merah”.

Sementara Kroasia, yang di babak kualifikasi satu rumah dengan Argentina, Nigeria, dan Islandia di Grup D bukanlah favorit, kalah pamor dari Lionel Messi dan kawan-kawan. Kini, prediksi beragam analis terbukti salah.

Rusia bisa berbicara banyak di pentas Piala Dunia. Tak hanya mengandalkan status tuan rumah, pasukan Stanislav Cherchesov terbukti mampu memberikan banyak kejutan, semisal berhasil menumbangkan raksasa Spanyol di babak 16 besar.

Sementara The Blazers, julukan Timnas Kroasia, kini bermimpi melampaui prestasi terbaik mereka 20 tahun lalu, ketika Kroasia berhasil menjejak semifinal.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami memiliki hak untuk berharap untuk hal-hal besar. Kami bermain sangat baik dan kami memiliki pemain terbaik, yang kami yakin dan harus percaya kami bisa pergi hingga akhir,” kata bek Domagoj Vida seperti dilansir AFP.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic sangatlah beruntung memiliki pemain sekaliber Luka Modric. Penampilan gelandang 32 tahun itu selama di Rusia kerap berujung decak kagum dan apresiasi.

Hebatnya lagi, Kroasia bukan hanya Modric seorang, melainkan ada dukungan dari Ivan Rakitiv, Mario Mandzukic, atau Ivan Perisic.

“Dia (Modric) adalah kapten kami. Dia pemimpin kami. Kami semua berdiri di belakangnya,” kata pemain sayap Inter Milan Ivan Perisic.

Pemain Real Madrid itu mungkin menjadi gelandang terbaik di Piala Dunia 2018 hingga saat ini. Namun, kemampuan Kroasia menjejak delapan besar tak hanya bergantung pada Modric seorang. Kehebatan Dalic meramu strategi, termasuk kekompakan para pemain, menjadikan The Blazers sebagai sebuah tim.

“Setiap pelatih membawa ide-ide baru. Mungkin yang terbaik untuk tim ketika kami memasuki era baru dengan pelatih baru,” tutur Perisic mengomentari kemampuan Dalic yang mulai melatih Kroasia akhir tahun lalu, menggantikan Ante Cacic.

Bukan hanya tentang meramu strategi, pelatih berusia 51 tahun itu juga pandai memadukan kekompakan para pemain.

“Kami telah bersama selama hampir satu setengah bulan dan bahkan tidak ada insiden terkecil di antara para pemain, ini bisa menjadi fakta,” tutur penyerang Eintracht Frankfurt Ante Rebic.

PRAKIRAAN PEMAIN

Rusia (3-4-2-1): Akinfeev; Kutepov, Ignasevich, Kudryashov; Fernandes, Kuzyaev, Zobnin, Zhirkov; Samedov, Golovin; Dzyuba

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Kroasia (4-1-4-1): Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Brozovic; Rebic, Modric, Rakitic, Perisic; Mandzukic

Pelatih: Zlatko Dalic

Tempat: Stadion Fisht Olympic, Sochi

Waktu: Minggu (8/7) Pukul 01.00 WIB