Dakwah & Maslahah, Alasan TGB Dukung Jokowi

Gubernur dua periode Nusa Tenggara Barat (NTB) KH Dr Zainul Majdi MA atau Tuan Guru Bajang (TGB) mendukung Jokowi dua periode dengan pertimbangan maslahah dan dakwah.

“Kalau saya lihat TGB dukung Jokowi itu pertimbangan maslahah dan dakwah. Saat ini di sekitar Jokowi perlu ada dakwah Islam,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum kepada suaranasional, Jumat (6/7).

Menurut Achsin, dakwah Islam bisa lebih mengena bisa masuk lingkaran Istana. “Daripada lingkaran Jokowi diisi orang-orang sekuler, maka TGB memberanikan diri mendukung Jokowi dengan harapan orang-orang sekuler tersisih,” papar Achsin.

Achsin mengatakan, langkah TGB mendukung Jokowi itu pertimbangannya jangka panjang agar umat Islam tidak tersingkirkan di Indonesia. “Ibarat obat, langkah TGB itu pahit dicela dan dihina tapi manfaatnya sangat bagus untuk umat Islam Indonesia,” jelas Achsin.

Kata Achsin, lingkaran Jokowi bisa lebih Islami termasuk dalam kebijakan dengan masuknya TGB maupun kalangan santri. “Pertarungan di dalam lingkaran Jokowi pun harus diperhatikan, jangan sampai kelompok sekuler menguasai,” pungkas Achsin.

menyatakan dukungannya kepada Presiden RI Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinan presidennya. Menurutnya, Jokowi pantas untuk diberikan kesempatan untuk menyelesaikan apa yang selama satu periode ini telah dimulai.

TGB mengatakan, mendukung Jokowi dua periode dengan berbagai pertimbangan.

“Semata karena pertimbangan maslahat bangsa, umat, dan akal sehat agar pembangunan yang tengah berjalan di seluruh penjuru bisa dituntaskan dengan maksimal sesuai hajat masyarakat,” ujar TGB