Melalui Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat ke Erdogan

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki. Ucapan tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi lewat sambungan telepon pada Selasa, 26 Juni 2018, pukul 17.01 WIB.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia saya menyampaikan ucapan selamat kepada Yang Mulia atas terpilihnya kembali Yang Mulia sebagai Presiden Republik Turki,” ucap Jokowi yang menelepon Erdogan dari Istana Merdeka, Jakarta, seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa (26/6/2018).

Baca juga:  Pengurus Baru PDM Kota Bogor Meneruskan Perjuangan Sebelumnya

Jokowi juga menyambut gembira pelaksanaan pemilihan presiden dan parlemen Turki yang berjalan dengan lancar dengan antusiasme pemilih yang cukup tinggi. Jokowi yakin, Erdogan bisa membuat rakyat Turki semakin makmur.

“Saya yakin melalui kepemimpinan yang arif dan bijak Yang Mulia, rakyat Turki akan semakin makmur,” katanya.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan komitmen Indonesia untuk bekerja sama secara erat dengan Turki demi kesejahteraan rakyat kedua negara.

“Dan untuk mengedepankan kepentingan umat, khususnya kemerdekaan Palestina,” katanya.

Di akhir pembicaraan, Jokowi mendoakan Erdogan sekaligus mengundangnya untuk berkunjung ke Indonesia.

“Semoga Yang Mulia terus diberkahi kesehatan dan kesuksesan dalam menjalankan tugas,” pungkasnya.

Baca juga:  Karya Inovasi Minuman & Makanan dari Jagung di Lamongan

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakui bahwa kedua kepala negara tersebut memiliki hubungan dekat.

“Presiden Jokowi memiliki hubungan yang dekat dengan Presiden Erdogan. Dalam banyak kesempatan, kedua pemimpin melakukan pembicaraan per telepon untuk membahas berbagai macam isu,” kata Retno.

Seperti diketahui, Turki mengadakan pemilu pada Minggu, 24 Juni 2018 dan Recep Tayyip Erdogan terpilih setelah memperoleh suara terbanyak.