Portugal Atasi Perlawanan Maroko Melalui Gol Ronaldo

Cristiano Ronaldo jadi penentu kemenangan Portugal atas Maroko (REUTERS/Axel Schmidt)

Timnas Portugal berhasil meraih kemenangan pertamanya setelah mengatasi Maroko 1-0 pada matchday kedua Grup B Piala Dunia 2018di Luzhniki Stadium, Rabu (20/6/2018) malam WIB. Gol tunggal dibuat Cristiano Ronaldo.

Portugal mencetak gol saat pertandingan baru berjalan empat menit. Ronaldo membuat gol keempatnya di Piala Dunia 2018 ini setelah meneruskan umpan lambung dari sisi kanan.

Namun setelah itu Portugal lebih banyak berada dalam tekanan. Maroko melepaskan setidaknya 14 tembakan namun hanya empat yang on target. Gol penyama kedudukan pun tak bisa mereka buat.

Kemenangan ini membuat Portugal mengumpulkan poin empat, setelah laga pertama imbang 3-3 dengan Portugal. Portugal punya peluang besar lolos ke 16 besar.

Sementara bagi Maroko, mereka menjadi tim pertama yang gugur di Piala Dunia 2018.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama dimulai, Maroko sempat mencoba untuk melancarkan serangan. Ada dua tusukan cepat yang mereka lakukan tapi tak berbuah hasil. Sedangkan serangan Portugal dengan cepat berbuah gol.

Berawal dari tendangan sudut pendek Bernardo Silva ke Joao Moutinho, gelandang Sporting CP tersebut memberikan umpan tarik sempurna yang disambut dengan tandukan tajam Cristiano Ronaldo di menit keempat. Ini menjadi gol keempat Ronaldo di Piala Dunia 2018.

Menurut Opta, ini menjadi gol ke-85 Ronaldo di timnas. Ia melewati Ferenc Puskas (84 gol) dan menjadi pemain Eropa dengan jumlah gol terbanyak di timnas sepanjang masa.

Gol ini membuat Portugal semakin pede. Pada menit kedelapan, Ronaldo berhasil membuat peluang kembali. Tapi, sepakan menyilangnya masih menyamping tipis di gawang Maroko.

Maroko mencoba bermain agresif dengan tusukan-tusukan dari sisi sayap. Pada menit ke-11, Medhi Benatia nyaris menyamakan kedudukan. Tapi, tandukan sang pemain masih bisa ditangkap Rui Patricio.

Baca juga:  Prancis Juara Piala Dunia 2018

Portugal tampil lebih presisi dan kerap memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan Maroko untuk menyerang. Maroko pun beberapa kali membuat tusukan berbahaya, tapi tak satu pun yang efektif hingga menit ke-20.

Winger andalan Maroko, Hakim Ziyech membuat peluang pada menit ke-22. Tapi, tembakan pemain Ajax itu dari dalam kotak penalti itu masih ditangkap oleh Patricio.

Maroko kemudian tampil dominasi dengan permainan atraktif yang menghibur. Namun, dari agresivitas itu, tak ada satu pun yang berbuah peluang berbahaya.

Pada menit ke-31, Portugal mendapat peluang dari tendangan bebas tepat di muka kotak penalti Maroko. Tapi, Ronaldo belum mampu mengulang gol tendangan bebasnya seperti saat lawan Spanyol. Tembakannya mengenai pagar hidup Maroko.

Portugal nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-38. Berawal dari umpan akurat Ronaldo kepada Goncalo Guedes, sang striker sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tapi, sepakan Guedes masih bisa ditepis oleh Munir. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Portugal.

Pada babak kedua, Portugal langsung membuat peluang dua menit setelah restart. Tapi, tandukan Jose Fonte masih menyamping gawang Maroko.

Ronaldo membuat peluang kembali pada menit ke-50. Memanfaatkan sepakan tidak sempurna Guedes yang mengarah kepadanya, tembakan Ronaldo masih melambung tinggi.

Maroko tak menurunkan tempo dan terus mencoba menekan. Younes Belhanda membuat peluang lewat tembakan di menit ke-54, tapi Patricio masih bisa menangkapnya dengan baik.

Dua menit kemudian, Belhanda membuat peluang yang lebih tajam. Tandukan dia hasil umpan Ziyech mengarah ke pojok kanan gawang, tapi Patricio dengan cekatan mampu menepisnya secara luar biasa.

Baca juga:  Ini Dia Posisi Rio di Hasil Tes Pramusim GP F1

Serangan bertubi-tubi mengalir ke benteng pertahanan Portugal. Maroko benar-benar melakukan tekanan deras dan berupaya menyamakan kedudukan. Benatia membuat peluang kembali di menit ke-60. Tapi, tembakannya masih juga melambung.

Maroko mendapat tendangan bebas di posisi yang begitu baik. Tapi, sepakan Ziyech belum juga bisa menembus gawang Patricio.

Memasuki menit ke-70, tempo permainan semakin tinggi. Permainan keras pun terlihat dari kedua tim. Portugal beberapa kali mencoba serangan balik tapi gagal. Sedangkan tiap peluang yang dibuat Maroko selalu saja meleset.

Tekanan terus menerus dilakukan Maroko. Umpan-umpan pendek yang mereka lakukan sangat rapi dan membuat lini belakang Portugal pontang-panting. Tapi, upaya keras mereka selalu sia-sia karena ketidakakuratan penyelesaian akhir.

Melalui serangan balik cepat Portugal mencoba mencetak gol tambahan untuk menuntaskan laga. Benatia menekel Ronaldo sedikit di luar kotak penalti. Wasit menyatakan pelanggaran tapi Ronaldo lagi-lagi gagal mengeksekusi tendangan bebas.

Ziyech membuat aksi memikat lewat akselerasi dan aksi memikat menembus lini belakang Portugal. Aksi tersebut diakhiri sepakan keras yang gagal masuk ke gawang karena terhadang bek Portugal. Laga pun berakhir dengan skor 1-0.

Susunan Pemain

Portugal: Patricio; Guerreiro, Fonte, Pepe, Soares; Mario (Fernandes 69′), Moutinho (Adrien 88′), Carvalho, Bernardo (Gelson 58′); Ronaldo, Guedes

Maroko: Munir; Hakimi, Costa, Benatia, Dirar; Boussoufa, El Ahmadi (Fajr 85′); Ziyech, Belhanda (Carcela 75′), Amrabat; Boutaib (El Kaabi 69′)
[detiksport]