Mahfud MD Cs Diam Saat M Iriawan Jadi Pj Gubernur Jabar

Romo Benny dan Mahfud MD (IST)

Prof Mahfud MD maupun kalangan intelektual yang masuk lingkaran Istana hanya diam ketika Komjen Pol M Iriawan jadi Pj Gubernur Jabar.

“Prof Mahfud dan teman-temannya yang masuk lingkatan Istana diam ketika polisi aktif M Iriawan dilantik Pj Gubernur Jabar,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Rabu (20/6).

Kata Rahman, bisa jadi Prof Mahfud mencari pembenar pelantikan M Iriawan itu. “Bisa dicari celah hukum, pelantikan M Iriawan tidak melanggar konstitusi,” jelas Rahman.

Baca juga:  2024, Gerindra & Prabowo tak Laku

Menurut Rahman, rakyat bisa menilai diamnya Mahfud MD karena sudah berada di lingkaran kekuasaan dan mendapatkan gaji besar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Gedung Merdeka Bandung, Senin 18 Juni 2018.

Pelantikan M Iriawan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Indonesia Nomor 106/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan Tahun 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Baca juga:  Kader Ditangkap Densus 88, Peringatan Muhammadiyah Biar tak Kritis ke Pemerintah

“Sebelum saya mengambil sumpah jabatan, apakah saudara Komjen Pol Mochammad Iriawan bersedia dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat,” kata Mendagri Tjahjo kepada Iriawan di atas mimbar Gedung Merdeka Bandung.

“Siap,” ujar M Iriawan yang mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih.