Lewat Gol Penalti, Swedia Menang Atas Korea Selatan

Swedia meraih kemenangan 1-0 atas Korea Selatan lewat eksekusi penalti. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Tim nasional Swedia sukses meraih kemenangan pada babak Grup F Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Korea Selatan 1-0 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6).

Swedia harus bekerja keras untuk meraih poin penuh di laga perdananya. Gol kemenangan tim Skandinavia dicetak melalui eksekusi penalti Andreas Granqvist di babak kedua.

Korsel sebenarnya mampu memberikan perlawanan sengit di sepanjang babak pertama. Skuat arahan Shin Tae-Yong bahkan mampu menghadirkan sederet peluang berbahaya ke lini pertahanan Swedia.

Peluang pertama Korsel tercipta di menit kelima. Son Heung-Min berhasil menerobos dari sisi sayap dan mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Kim Young-Gwon menyambar dengan sundulan, namun bola masih melenceng.

Kiper Korsel … sebenarnya tampil cemerlang sebelum gawangnya dibobol lewat titik putih.Kiper Korsel Cho Hyun-Woo sebenarnya tampil cemerlang sebelum gawangnya dibobol lewat titik putih. (REUTERS/Ivan Alvarado)
Swedia berbalik menekan dan nyaris membuka keunggulan di menit ke-21 lewat aksi Marcus Berg. Mendapat bola di dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper Cho Hyun-woo, namun tembakan kaki kiri Berg masih bisa diblok kaki Hyun-Woo.

Baca juga:  Lorenzo Rebut Pole dikualifikasi MotoGP Jerez Kalahkan Marquez

Petaka bagi Korsel terjadi di menit ke-65. Kim Min-woo menjatuhkan Victor Claesson di kotak terlarang. Wasit memutuskan penalti setelah melihat VAR.

Swedia Kalahkan Korea Selatan Lewat Gol Penalti

Andreas Granqvist yang maju sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna. Tembakannya ke arah kanan gawang sukses mengecoh Cho Hyun-Woo yang bergerak ke arah berlawanan.

Korsel berupaya keras untuk menyamakan kedudukan, namun serangan yang bangun kerap kandas sebelum masuk ke kotak penalti.

Korsel memiliki dua peluang terbaik di masa injury time lewat sundulan Hwang Hee-Chan dan sebuah blunder bek Swedia yang hanya membentur tiang. Namun, keunggulan Swedia bertahan hingga laga usai.

Baca juga:  Rio Haryanto Juara di Sprint Race GP2

Secara keseluruhan Swedia berhasil mendominasi 56 persen penguasaan bola dan menghasilkan empat tembakan tepat mengarah ke gawang. Sementara Korsel gagal menciptakan on target.

Susunan Pemain

Swedia: Robin Olsen (GK); Andreas Granqvist, Mikael Lustig, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Viktor Claesson; Marcus Berg, Ola Toivonen.

Korea Selatan: Cho Hyun-Woo (GK); Park Joo-Ho, Kim Young-Gwon, Lee Yong, Jang Hyun-Soo; Ki Sung-Yeung, Koo Ja-Cheol, Lee Jae-Sung, Kim Shin-Wook; Son Heung-Min, Hwang Hee-Chan. [cnn]