Mundur dari BPIP, Ahmad Dhani: Yudi Latif Peka & Tdak Pekok

Ahmad Dhani (IST)

Yudi Latif mengundurkan diri dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menandakan peka terhadap suara rakyat.

“Peka dan tidak pekok,” kata musisi senior Ahmad Dhani dalam pernyataannya kepada suaranasional beberapa waktu lalu.

Kata Dhani, saat ini bangsa Indonesia tidak perlu keberadaan BPIP. “Bangsa Indonesia tidak masalah dengan Pancasila,” pungkasnya.

Yudi sebelumnya resmi mengundurkan diri sebagai kepala BPIP. Ia pamit usai setahun menduduki jabatan kepala BPIP. Ia juga meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga:  SBK: Prestasi Jokowi Menurunkan Kemiskinan ke Anak Cucu Bangsa Indonesia

Yudi mengakui belum banyak yang bisa dilakukan oleh BPIP selama setahun berjalan sejak masih menjadi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Hal ini, kata dia, lantaran sejumlah keterbatasan.

Dia mengungkapkan, lembaga penyemai Pancasila itu baru menggunakan anggaran negara Rp7 miliar. Sebab, BPIP dilantik pada 7 Juni 2017 dan tak lama kemudian memasuki masa libur lebaran, dan baru memiliki tiga orang deputi pada bulan Juli.

Sementara, tahun anggaran telah berjalan, dan sumber pembiayaan harus diajukan lewat APBNP, dengan menginduk pada Sekretaris Kabinet. Anggaran, kata dia, baru turun pada awal November, dan pada 15 Desember 2017 penggunaan anggaran Kementerian/Lembaga harus berakhir.

Baca juga:  Ketua DKPP: Sejarah akan Mencatat DKPP Pernah Memberhentikan Evi Novida Ginting

“Praktis, kami hanya punya waktu satu bulan untuk menggunakan anggaran negara. Adapun anggaran untuk tahun 2018, sampai saat ini belum turun,” beber Yudi.