Politikus PSI Laporkan Ustadz Haikal Hassan ke Polisi

Husin Alwi Shahab (IST)

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Husin Alwi Shahab melaporkan penceramah agama Islam Ustadz Haikal Hassan ke Bareskrim Mabes Polri.

“Ujaran kebencian dari Haikal Hassan ini menyebabkan kawan-kawan para habaib tersinggung dan merasa Haikal Hassan memprovokasi antara habaib dan habaib,” kata Husin Shahab.

Pangkal pelaporan tersebut adalah adanya cuitan di akun Twitter @Haikal_Hassan yang menyebut ‘Habib bukanlah keturunan Nabi Muhammad SAW, melainkan keturunan Abi Thalib yang masih kafir ketika wafatnya’. Cuitan disebarluaskan @Haikal_Hassan pada Februari 2013.

“Ada indikasi yang lebih besar tidak mengamini posisi seorang habib. Sedangkan habib itu kan tokoh masyarakat yang dihormati oleh masyarakat umat Islam di Indonesia. Ketika ujaran itu kesebar di seluruh masyarakat Indonesia, akan ada efek negatif,” kata Husin menjelaskan alasannya melaporkan Haikal.

Sejumlah bukti berupa screenshot kicauan Haikal Hassan dibawa untuk melengkapi laporan. Laporan Husin tercatat dengan nomor LP/2767/V/2018/PMJ/Dit.Reskrimsu