Pemuda Muhammadiyah: Presiden Harus Instruksikan Mengusut Tragedi Rutan Brimob secara Transparan

Penjagaan di Mako Brimob (IST)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menginstruksikan mengusut kerusuhan Rutan Mako Brimob karena objek strategis dan merupakan salah satu simbol penting kekuatan keamanan negara.

Demikian dikatakan Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Perdi Kasman dalam pernyataan kepada suaranasional, Kamis (10/5).

“Apalagi yang jadi korban juga anggota pasukan elit kepolisian, Densus 88. Ini menyangkut nama baik negara di dunia internasional,” kata Perdi.

Kata Pedri, kejadian ini mengundang tanda tanya besar dan patut diduga ada sesuatu yang salah. Tempat yang standar pengamanannya super ketat bisa terjadi kerusuhan.

Baca juga:  Pemuda Muhammadiyah: Rutan Mako Brimob Rusuh, Keberadaan Ahok Makin tak Jelas

“Itu harus dicari dan dibuka ke publik. Demi meyakinkan publik akan kredibilitas institusi negara yang sangat strategis itu. Jangan biarkan publik menduga-duga dan membuat analisa macam-macam,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, harus pula diungkap siapa pihak yang terlibat dalam rusuh itu. Siapapun yang bersalah dan lalai harus menerima akibat hukum. Tetapi jangan pula lagi-lagi hanya prajurit yang jadi korban, pimpinan dan pejabat terkaitlah yang harusnya paling bertanggungjawab.

“Yang terpenting adalah siapa dalang atau aktor utama kerusuhan ini, termasuk kemungkinan keterlibatan pihak dalam,” jelasnya.

Baca juga:  Mantan Relawan: Jokowi Cukup Satu Periode