Lamongan Gelar Masak Berbahan Ikan

Lomba masak berbahan ikan di Lamongan (IST)

Untuk meningkatkan minat makan terhadap ikan, kabupaten Lamongan mengadakan lomba memasak yang bahan dasarnya dari ikan.

“Ini membuktikan ikan tidak hanya dimasak yang itu-itu saja,” kata Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Lamongan Makhdumah Fadeli, Selasa (8/5).

Makhdumah berharap dari lomba masak ini dapat mengolah ikan menjadi makanan atau kudapan sehingga tidak membosankan. “Apalagi ikan mengandung banyak sekali gizi. Jadi harus dibiasakan sejak dini,” ungkapnya.

Dalam lomba ini sangat menarik karena ada kue wingko wingko dengan bahan dasar ikan bandeng yang disajikan oleh Badan Pendapatan Daerah.

Ada juga puding menggunakan bahan dasar ikan gabus (kuthuk) dari DPU Bina Marga.

Lomba yang digelar di Pendopo Lokatanra Kabupaten Lamongan tersebut mendatangkan juri dari Asosiasi Chef Jawa Timur Sukiman, Praktisi Tata Boga dan Ahli Gizi Indah Nugroho dan dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Yusminiarsih.

Sedangkan kriteria yang dinilai yakni dari segi kreatifitas, penyajian, cita rasa dan keamanan untuk dikonsumsi. (Yunus Hanis Syam).