Alhamdulillah Ingkari Janji, Puan Maharani Rangkap Jabatan

Puan Maharani dan Jokowi (IST)

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani rangkap jabatan. Ia saat ini menjadi Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan setelah diputuskan dalam Rakornas PDIP, Kamis (3/5).

Puan mengatakan, sempat tidak aktif sebagai Ketua DPP PDIP sejak dipercaya menjadi pembantu Presiden Joko Widodo.Pengakuan tersebut disampaikan Puan ketika memberikan kata sambutan di acara yang dibuka oleh Mega sendiri.

“Memang selama tiga tahun lalu saya selaku Ketua Korbid bidang pengamanan tidak aktif. Namun, sekarang sudah (aktif),” aku Puan.

Akhir Januari lalu, Puan sempat tampak hadir dalam kegiatan verifikasi faktual yang dilakukan KPU dan Bawaslu di Kantor DPP PDIP. Kala itu, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, status Puan Maharani sebagai Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDIP masih non aktif.

Tetapi, masih kata Hasto, status non aktif tersebut bisa tiba-tiba berubah jika ada perintah presiden yang memperbolehkan Puan rangkap jabatan.

Di awal pemerintahannya, Jokowi sempat menegaskan bahwa para menteri kabinet tidak boleh memegang jabatan di kepengurusan partai politik. Namun, komitmen Jokowi itu perlahan luntur. Selain Puan, ada menteri lain di Kabinet Jokowi yang rangkap jabatan strategis di partai yaitu Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang juga Ketua Umum Partai Golkar.