Polisi Tegaskan Kasus Amien Rais dalam Penyelidikan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (IST)

Pihak kepolisian masih menyelidiki kasus yang menimpa Amien Rais dalam penyebutan istilah partai Allah dan partai Setan.

“Kita masih penyelidikan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Argo mengatakan, kepolisian sedang mencari konstruksi hukumnya. “Dari minta keterangan saksi dulu,” papar Argo.

Amien Rais dilaporkan Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2070/IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Amien dilaporkan atas tuduhan tindak pidana ujaran kebencian SARA dan penodaan agama melalui media sosial, seperti tertuang dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE dan/atau Pasal 156 a KUHP.

Baca juga:  Mohammad Monib, Politisi PDIP yang Rajin Bimbing Muallaf

Aulia menyebut Amien telah memprovokasi masyarakat dengan mendikotomikan ‘partai Allah’ dan ‘partai setan’. Menurutnya, ucapan Amien tidak sesuai dengan dasar negara Pancasila.

“Kami melihat telah ada suatu upaya dikotomi atau provokasi. Yang membawa ras, agama. Padahal kita tahu bahwa negara kita adalah negara berdasar Pancasila dan UUD 1945,” ucap Aulia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/4).

Sementara itu, Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) menyiapkan 200 advokat untuk membela Amien Rais. Menurut Ketua Dewan Pembina ACTA Habiburokhman, ucapan Amien tidak menyinggung kelompok tertentu.

Baca juga:  Cemen, Hariman Siregar tak Berani Ucapkan Jokowi 1 Periode

“Dari ACTA, ada 200 sekian orang ya, tapi kan kita nggak hanya ACTA, jadi berkoalisi dengan teman-teman advokat lain. Mungkin bisa mencapai 400-500 orang advokat untuk bantu Pak Amien Rais dan Rocky Gerung,” kata Habiburokhman dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4).