Sebut Busana Muslim Ke-Indonesiaan, Dosen UI: Itu Bukan Urusan Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (IST)

Busana komunitas agama menjadi ranah wewenang internal masing-masing lembaga komunitas agama. Busana komunitas agama bukan ranah wewenang Presiden Joko Widodo.

Penegasan itu disampaikan dosen Universitas Indonesia (UI) Tamrin Tomagola menanggapi pernyataan Presiden Jokowi pada pembukaan ‘Muslim Fashion Festival’ (Muffest) Indonesia Tahun 2018, di Jakarta Convention Center (19/04).

“Busana komunitas agama itu ranah wewenang internal masing-masing lembaga komunitas agama, bukan ranah wewenang Negara/Presiden @jokowi. Kalu seragam Polri dan militer serta ASN nah itu ranah wewenang Negara-Presiden,” tegas Tamrin Tomagola di akun Twitter @tamrintomagola.

Pernyataan Thamrin itu mengomentari kicauan akun @KSPgoid, akun resmi Kantor Staf Presiden (KSP), yang merilis pernyataan Jokowi di arena Muffest Indonesia 2018.

“Presiden @jokowi berharap agar ke depannya busana muslim Indonesia mampu tampil dengan lebih menunjukkan ciri khas keindonesiaannya sebagaimana yang ditunjukkan busana-busana muslim lain dari berbagai belahan dunia seperti Arab Saudi dan Turki,” tulis @KSPgoid.