Mahfud MD Sebut Jenderal Gatot Calon Kuat Lawan Jokowi

Jenderal Gatot Nurmantyo (IST)

Mantan Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantto menjadi calon kuat Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

“Poros keduanya nanti Gatot. Gatot sebagai saingan (Jokowi). Saya kira, Prabowo tidak. Saya kira, ya,” kata Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Kamis (19/4).

Kata Mahfud, Gatot memang tidak punya partai. Namun, dalam pandangannya, Gatot lebih siap ketimbang Prabowo. Buktinya, Gatot lebih berani menyatakan kesiapan menjadi kandidat capres.

Sedangkan Prabowo, terlihat masih ragu-ragu untuk maju, meski Partai Gerindra sudah mendeklarasikan akan mendorongnya. Faktor inilah yang kemungkinan nanti bisa membuat tiket koalisi Gerindra diserahkan ke Gatot.

Baca juga:  Menteri Agama Yakin Sukmawati tak Berniat Lecehkan Islam

“Prabowo sendiri enggak pernah membantah bahwa kemungkinan dia itu tidak (maju). Enggak pernah membantah dia. Sedangkan Gatot, selalu mengatakan, ‘saya siap’ dan yang mendukung juga muncul,” papar timses Prabowo di Pilpres 2014 itu.

Untuk posisi wapres Gatot, Mahfud belum bisa memprediksi. Dia hanya memberi gambaran bahwa di masyarakat sudah ada kelompok aksi 212 yang berupaya menyandingkan Gatot dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atau dengan Gubernur NTB Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang.

Baca juga:  Ingatkan WNI bisa Diusir, Pengamat: Sinyal Panglima Agar Rakyat Waspadai Ahok cs