Menteri Agama Yakin Sukmawati tak Berniat Lecehkan Islam

Lukman Hakim Saufuddin (IST)

Putri Proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri tidak mempunyai niat melecehkan Islam dengan puisi karyanya ‘Ibu Indonesia’.

“Saya yakin beliau sama sekali tidak ada iktikad sedikit pun untuk apa yang mengusik kenyamanan perasaan umat Islam apalagi untuk melecehkan, apalagi untuk menghina dan seterusnya,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (4/4).

Menurut Lukman, puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ itu perlu dinilai oleh para ahli, sehingga baru bisa dikatakan bermasalah atau tidak.

“Jadi menurut saya begini silahkan para ahli yang menilai,” jelas politikus PPP ini.

Kata Lukman, puisi merupakan bentuk ekspresi yang dirasakan. “Apa yang dia rasakan apa yang dia pikirkan, apa yang dia ketahui dalam bentuk tulisan,” jelas Lukman.

Lukman pun memiliki pandangan tersendiri terkait puisi yang viral tersebut. Seperti tentang cadar yang disinggung dalam puisi itu, menurut Lukman, umat Islam sendiri memiliki pandangan berbeda apakah hal itu merupakan syariat Islam atau tidak.

“Katakanlah cadar sekarang ini di internal umat Islam sendiri kan ini apakah itu syariat atau tidak, itu kan juga umat Islam tidak dalam satu pandangan yang utuh itu. Jadi hal-hal seperti ini menurut saya mari kita dialogkan,” ucap Lukman.