Pengamat Intelijen: BIN di Bawah Budi Gunawan Bagus Tangani OPM

Susaningtyas Kertopati (IST)

Badan Intelijen Negara (BIN) di bawah Jenderal Pol Budi Gunawan Phd sangat bagus dalam menangani berbagai masalah khususnya OPM di Papua.

“BIN saat ini kedepankan penguatan humint dan techint di semua wilayah termasuk Papua,” kata pengamat intelijen Susaningtyas Kertopati dalam pernyataan kepada wartawan, Sabtu (31/3).

Kata Nuning, BIN bukan hanya melakukan pendekatan kesejahteraan di Papua tetapi budaya.

Nuning mengatakan, pendekatan budaya yang masif agar rakyat Papua dapat menerima semangat persatuan kesatuan NKRI dengan legowo.

“Masih adanya orang tak dikenal (OTK) yang melakukan penembakan di Timika sebagai indikasi masih adanya OPM, maka strategi untuk menghadapi OPM dapat dilakukan melalui pendekatan ke Melanesian Spearhead Group (MSG),” katanya.

Kata Nuning, Indonesia juga dapat merangkul negara-negara kecil lainnya yang tergabung ke dalam Polynesian Leaders Group dan Pacific Islands Forum.

Seperti diketahui, sebuah video berdurasi 2 menit 42 detik itu diunggah ke Youtube pada 9 Februari lalu. Dalam video tersebut Kepala Staf Operasi Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua (TPNP) G Lekkagak Telenggen membacakan ultimatum perang di Markas Kimagi, Distrik Yambi, Puncakjaya, Papua.

Selain itu, kinerja intelijen lebih dikedepankan sehingga tidak lagi melakukan hal yang bisa meninggalkan trauma bagi rakyat Papua seperti pendekatan militeristik yang frontal.