Ikut Telaah Cawapres Jokowi, Mensesneg Pratikno Salahi Etika

Pratikno (IST)

Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menyalahi etika dan melanggar aturan dengan ikut membahas calon wakil Presiden untuk Jokowi.

“Mensesneg untuk tugasnya untuk negara, dan sudah menyalahi etika dan aturan membahas politik praktis untuk cawapres Jokowi,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Selasa (13/3).

Menurut Rahman, Pratikno telah menyalahgunakaan kekuasaan untuk kepentingan kekuasaan Jokowi. “Mensesneg bekerja untuk rakyat dan negara,” papar Rahman.

Rahman menduga, saat ini Jokowi akan mengerahkan segala cara untuk meraih kemenangan di Pilpres 2019. “Kalau pihak Istana sudah menyalahi bagaimana pejabat daerah yang kader-kader PDIP. Ini sangat berbahaya dalam menyalahgunakan kekuasaan,” pungkas Rahman.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui bahwa ada diskusi untuk menelaah calon Wakil Presiden bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Namun, dia membantah saat ini telah dibentuk tim internal untuk membahas hal tersebut.

“Bukan tim segala macam, hanya telaah begitu saja,” kata Pratikno saat ditanyakan soalĀ  tim internal penjaringan calon Wapres Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (12/3).