by

Buruh Cikarang Dukung TGB Capres 2019

Buruh Cikarang dukung TGB (IST)

Sekelompok buruh yang menamakan Solidaritas Buruh Cikarang Raya menyatakan dukungan terhadap Tuan Guru Bajang (TGB) atau Zainul Majdi sebagai Capres 2019.

“Kami kaum buruh menyatakan dukungan kami kepada Tuan Guru Bajang Zainul Majdi agar tampil sebagai pemimpin bangsa,” kata Koordinator Solidaritas Buruh Cikarang Raya, Lukman Hakim saat membacakan deklarasi dukungan buruh terhadap TGB dalam keterangan tertulisnya.

Lukman menegaskan, dukungan kalangan buruh muncul setelah melihat kiprah Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dalam mengelola isu perburuhan selama memimpin Nusa Tengara Barat dua periode. “Kami menilai kebijakan perburuhan beliau cukup baik selama di NTB, dan kebijakan pro buruh ini, kami harap dapat diterapkan di level nasional jika beliau tampil memimpin bangsa ini ke depan,” ujar Lukman.

Baca juga:  Dijagokan Dampingi Jokowi, Ini Tanggapan TGB

Dalam hal penetapan upah buruh misalnya, Lukman menilai, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi sudah berani menetapkan persentase kenaikan besaran upah buruh di atas persentase yang ditetapkan pemerintah. Seperti diketahui, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi telah memutuskan Upah Minimum Provinsi Tahun 2018 naik sebesar 11,87%.

Besaran kenaikan UMP yang ditetapkan oleh TBG Zainul Majdi lebih tinggi dari usulan Apindo sebesar 8,71%, dan sedikit lebih rendah dari usulan serikat pekerja/buruh sebesar 13,96%. Sedangkan usulan pemerintah 11,71 persen

Selain soal upah, Lukman menilai, TGB selama ini juga telah menunjukkan keberpihakan terhadap pekerja perempuan. “Beliau belum lama ini berani mewacanakan untuk menyetop pengiriman tenaga kerja wanita ke luar negeri,” ungkapnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed