BBM Naik, IMM: Jokowi Harus Jelaskan ke Publik

Demo kenaikan BBM (IST)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menjelaskan ke publik alasan kenaikan BBM di saat kehidupan ekonomi rakyat yang sangat sulit.

Demikian Ketua Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM), Ahmad Fauzi Syahputra dalam pernyataan kepada suaranasional, Selasa (27/2).

Kata Ahmad Fauzi, saat ini Jokowi terlalu sibuk pencitraan demi berkuasa dua periode dan melupakan rakyat.

Ia mencurigai kebijakan penguasa untuk menghapus subsidi BBM kepada rakyat miskin, karena pemerintahan Jokowi beberapa tahun ini sudah sering menaikkan harga BBM.

“Jangan sampai hal ini mengarahkan masyarakat untuk mengkonsumsi BBM nonsubsidi agar mendapatkan dana segar yang bertujuan menutupi defisit anggaran negara,” tutupnya.

Sebelumnya, PT. Pertamina telah menaikkan harga BBM untuk jenis Pertamax sejak Sabtu (24/2/2018) pukul 00:00 Wib lalu. Pihak Pertamina beralasan, kenaikan harga BBM nonsubsidi tersebut karena kenaikan harga minyak dunia.

Data yang diberikan Pertamina untuk wilayah Jakarta, harga Pertamax menjadi Rp 8.900 per liter, Pertamax Turbo menjadi Rp10.100, Dexlite menjadi Rp8.100 dan Pertamina Dex menjadi Rp10.000.