Sa’i Sambil Nyanyi, Imam Masjid New York AS: Malu-Maluin Muslim Indonesia di Tanah Haram

Imam Masjid di New York Amerika Serikat (AS) Ustadz Shamsi Ali ikut mengomentari sekelompok orang dari ormas tertentu Sa’i dari sofa ke marwah dengan bernyanyi.

“Malu-maluin Muslim Indonesia di tanah haram dan dunia internasional…kelewat pintar atau kelewat bodoh? Terserah nilainya!” kata Ustadz Shamsi di akun Facebook-nya.

Kata Ustadz Shamsi, Sa’i adalah ibadah mahdah. Asal usulnya tidak melakukan kecuali ada perintah.

“Tapi anggaplah ini bukan bacaan dan hanya bicara serta dibenarkan maka secara etika tidak sesuai karena mengganggu orang lain beribadah,” jelas Ustadz Shamsi.

Baca juga:  Nasihat Kader NU Madura untuk Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas

Setelah sebelumnya heboh munculnya video jamaah umrah Indonesia yang melakukan rukun haji/umrah Sa’i di Makkah membaca teks Pancasila, kali ini giliran video jamaah yang melakukan sa’i melantumkan lagu hubbul wathon.

Video yang muncul di Youtube ini diupload akun Travelia Alakbar, pada 24 Februari 2018. Namun yang menonton baru 177 orang. Belum ada juga orang yang melihat memberikan komentar atas unggahan tersebut.

Dalam video itu terlihat puluhan jamaah Indonesia yang mengenakan baju ihram, sedang melakukan Sa’i. Mereka kemudian menyanyikan lagu Hubbul Wathon secara bersama-sama, sambil melihat teksnya dari handphone masing-masing.

Baca juga:  Parah, Undangan groundbreaking Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pakai Bahasa China