Diundang ke Istana & Yusril Kasih Saran Amnesti ke Habib Rizieq, Tak Ada Lanjut dari Jokowi

Yusril Ihza Mahendra (IST)

Yusril Ihza Mahendra mengakui pernah dipanggil Joko Widodo (Jokowi) untuk menanyakan kasus yang menimpa Habib Rizieq Syihab.

“Beliau nanya, ‘Prof sebenarnya apa sih yang sebenarnya terjadi dengan Habib Rizieq ini’. Dan saya ceritakan semua,” ujar Yusril dikutip dari CNN Indonesia

Usai panjang lebar menjelaskan, Yusril mengaku manawarkan tiga solusi kepada Jokowi agar masalah Rizieq, yakni memerintahkan polisi menerbitkan SP3, memberikan amnesti, atau memberikan abolisi.

“Dan saya mengatakan yang paling baik dilakukan adalah amnesti. Kalau SP3, polisi kehilangan muka. Kalau SP3, benarkan mentersangkakan Habib tidak ada buktinya,” ujar Yusril.

Meski amnesti tidak dengan mudah dilakukan karena memerlukan pertimbangan DPR, Yusril menilai langkah itu merupakan bentuk kebesaran jiwa Jokowi.

“Dia tahu ada kasus pidana yang belum tentu terbukti atau tidak, tapi presiden mengatakan ‘udah kita amnesti’. Jadi dianggap kasus itu tidak pernah ada,” ujarnya.

Usai pertemuan itu, Yusril mengaku Jokowi berencana membahas masukan untuk menerbitkan amnesti bagi Rizieq dengan seluruh anak buahnya.

“Pada waktu itu beliau mengatakan seminggu lagi kita ketemu lagi. Tapi sampai hari ini tidak ketemu lagi,” ujar Yusril.