BIN: Ada yang Memelintir Penyerangan Tokoh Agama

Budi Gunawan (IST)

Ada yang sengaja memelintir penyerangan tokoh agama dan tempat ibadah.

“Satu case dengan yang lainnya tidak ada keterkaitan, tapi memang ada pihak yang memelintir ini,” kata Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan Kamis (15/2).

Kata Budi, memelintir kasus ini untuk membuat keresahan masyarakat.

Budi mengatakan, saat ini pihaknya dan Divisi Cyber Crime Polri sudah mengungkap beberapa pelaku yang mempolitisasi kasus penyerangan terhadap pemuka agama. Budi mengatakan, kelompok yang ingin memolitisasi penyerangan pemuka agama berasal dari dalam negeri.

Baca juga:  Uang Kemenhan Masuk Rekening Pribadi Jubir Prabowo, Ada Indikasi Penyalahgunaan Wewenang

“Ini kami sedang mengejar itu semua, kebanyakan dalam negeri dan hingga hari ini sudah sekitar tujuh tersangka kita amankan,” terang dia.

Mantan Wakapolri membantah, BIN kecolongan atas sejumlah kasus penyerangan terhadap pemuka agama di beberapa daerah. Budi mengatakan, BIN sudah memprediksi akan ada berbagai bentuk kampanye hitam pada tahun politik ini.

“Ini kan tahun politik dan kita sudah mengingatkan bahwa kampanye hitam dalam bentuk penggunaan media sosial untuk dipolitisasi akan marak,” jelasnya.

Sejauh ini sebanyak tujuh pelaku sudah diamankan dan aparat keamanan masih melakukan pengejaran pelaku lainnya di wilayah Sumatra Utara, Bogor, dan Jakarta.

Baca juga:  Ki Surau: Alam Mengungkapkan Kembali KM 50 dengan Kejadian Terbunuhnya Brigadir J