Piala AFC 2018, Persija Tak Berdaya Hadapi Johor Darul Takzim

AFC Cup 2018
AFC Cup 2018

Persija Jakarta menelan kekalahan di laga perdana Grup H Piala AFC 2018. Menghadapi Johor Darul Takzim dari Malaysia, Macan Kemayoran menyerah 0-3.

Persija langsung ditekan Johor, juara bertahan Liga Super Malaysia, sejak menit awal pertandingan di Stadion Tan Sri Dato’ Haji Hassan Yunos, Johor Bahru, Rabu (14/2/2018). Gawang mereka bahkan nyaris bobol beberapa kali.

Di menit keempat, sebuah tendangan bebas Johor yang bisa disundul menerpa mistar atas gawang Persija. Semenit berselang, giliran Andritany yang menyelamatkan Persija dari kebobolan usai menepis tandukan striker Johor, Luciano Figueroa.

Persija tampak kesulitan menghadapi Johor. Bambang Pamungkas dkk bahkan nyaris tidak bisa keluar dari daerah pertahanan sendiri.

Peluang baru didapat Persija di menit ke-25. Sebuah crossing dilepaskan Addison Alves ke tengah kotak penalti, namun Bambang Pamungkas mendapat gangguan saat menyundul.

Terus ditekan, gawang Persija akhirnya bergetar juga. Di menit ke-29, Mohd Azrif mengirim umpan kepada Ahmad Hazwan Bakri di mulut gawang yang kemudian dikonversi menjadi gol. Johor memimpin 1-0.

Baca juga:  Resmi Timnas Indonesia U-23 Batal Tampil di Piala AFF U-23 2022

Johor kemudian mampu menggandakan keunggulan di menit ke-41. Pereyria Diaz menguasai bola, lalu melewati Andritany yang keluar dari sarangnya, dan menceploskan bola ke gawang Persija yang sudah kosong melompong. Johor memimpin 2-0 saat istirahat.

Babak kedua dilanjutkan, Johor masih terus tampil menekan. Di menit ke-54, Pereyra Diaz nyaris mencetak gol keduanya. Berhadapan man-to-man dengan Andritany, Pereyra Diaz menaklukkannya usai tendangan kerasnya bisa diblok.

Perlahan tapi pasti, Persija bisa keluar dari tekanan. Di menit ke-60, Addison Alves punya kans membobol gawang Johor memanfaatkan crossing dari sisi kanan. Namun ia mendapat gangguan dan upayanya cuma menghasilkan tendangan sudut.

Pada menit ke-71, sebuah peluang emas didapat Persija lewat Bambang Pamungkas. Sang kapten bisa mencuri bola dari Hariss Harun, melewati kiper Farizal Marlias, namun gagal menceploskan bola usai tendangannya malah membentur mistar.

Lima menit berselang, malah Johor yang bisa mencetak gol ketiganya. Kali ini, Pereyra Diaz memberi umpan manis kepada Safawi Rasid untuk merobek gawang Andritany lewat sepakan keras kaki kiri. Skor menjadi 3-0 untuk Johor.

Baca juga:  Menang Telak, Arema FC Juara Piala Presiden 2017

Hasil ini membuat Johor menguasai Grup H dengan poin tiga, disusul Song Lam Nghe An juga dengan tiga poin usai mengalahkan Tampines Rovers 2-0. Persija sementara jadi juru kunci. Selanjutnya Persija akan menjamu Tampines Rovers di Gelora Bung Karno, 6 Maret 2018.

Susunan Pemain

Johor Darul Ta’zim: Mohd Farizal, Afiq Fazail (Amirul Hadi Zainal 87′), Azrif Nasrulhaq (S Kunanlan 67′), La’Vere Corbin-Ong, Fadhli Sas, Safiq Rahim, Natxo Insa, Jorge Pereyra, Hariss Harun, Ahmad Hazwan (Safawi Rasid 73′), Luciano Figueroa

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Marko Kabiay (Rico Simajuntak 62′), Gunawan Dwi Cahyo, Jaimerson, Valentino Telaubun, Asri Akbar, Sandi Sute, Novri Setiawan, Rudi Widodo (Fitra Ridwan 46′), Addison Alves, Bambang Pamungkas (Ahmad Syaifullah 75′).[detiksport]