Diabetes Bisa Sebabkan Gagal Ginjal, Ini Alasannya

Ilustrasi – ist

Diabetes merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal kronis yang bisa berujung gagal ginjal. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada sistem metabolik yang membuat kinerja ginjal menjadi lebih berat.

Situs WebMD menyebut sekitar 15 persen pasien diabetes mengalami komplikasi ginjal. Tingginya gula darah membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihan kadar gula dalam darah menjadi urine.

Jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama, maka ginjal pun akan mengalami kerusakan, dan perlahan-lahan kehilangan fungsinya untuk menyaring racun. Akibatnya, racun, zat sisa dan elektrolit yang ada di dalam tubuh tidak terbuang dan menumpuk.

Baca juga:  Kasus Harian COVID-19 Mendekati Angka 10 Ribu, RI Tarik Rem Darurat

“Semakin jelek fungsi ginjal, semakin banyak racun yang tidak tersaring. Hal ini membuat tekanan darah naik, dan fungsi ginjal turun, yang bisa berujung pada ginjal tak bisa berfungsi sama sekali, atau dalam bahasa medis disebut sebagai gagal ginjal,” ungkap Prof Dr dr Suhardjono, SpPD-KGH, beberapa waktu lalu.

Hal senada dikatakan oleh dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia menyebut pemicu gagal ginjal ada banyak beberapa di antaranya adalah karena diabetes dan hipertensi.

“Kebiasaan merokok, jarang olahraga, kolesterol tinggi, secara tak langsung akan memicu gangguan kesehatan yang lain,” tutur dr Akbari seperti dilansir detikHealth.

Baca juga:  Ini Tanda Wanita Ingin Berhubungan Badan

Jika diabetes yang tidak tertangani dengan baik akan merusak langsung pembuluh darah di ginjal. Akibatnya fatal maka pemburuh darah tidak elastis sehingga proses cuci darah alami di ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik.