Tampil Dihadapan Presiden, Indonesia Dikalahkan Islandia 1-4

Jokowi & JK – (Foto: Laily Rachev – Biro Pers Setpres

Tim Indonesia harus mengakui ketangguhan tim Skandinavia dengan menelan pil kekalahan 1-4 pada pertandingan yang dihelat di Gelora Bung Karno.

Dalam pertandingan, Minggu (14/1/2018) malam, Timnas tak hanya diperkuat pemain U-23. Andritany Ardhiyasa, Bayu Pradana dan Fachruddin Ariyanto menjadi starter.

Meskipun Indonesia sempat unggul 1-0 lebih dulu lewat gol yang dibuat Ilham Udin Armaiyn. Namun Islandia mampu membalas 1-1 lewat gol yang dibuat oleh Albert Gudmundsson.

Islandia menggandakan keunggulan pada menit ke-59 lewat gol yang dibuat oleh Arnor Smarasson. Gudmundsson membuat hattrick setelah mencetak dua gol beruntun dan membuat Islandia unggul 4-1.

Berikut Jalannya pertandingan

Indonesia langsung tampil menyerang setelah kickoff. Timnas berupaya untuk menjebol pertahanan Islandia dengan serangan dari sayap.

Tapi, Islandia tampil lebih dominan. Beberapa kali gawang Andritany dalam situasi berbahaya. Situasi Indonesia makin berat saat Gudmundsson dimasukkan pada menit ke-27. Pemain yang tampil oke di Stadion Maguwoharjo itu menggantikan Arnór Ingvi Traustason.

Sebuah kesempatan emas didapatkan Ilham Udin lewat bola muntah pada menit ke-29. Pemain Selangor FA itu memanfaatkan blunder kiper Timnas Islandia, Alex Runarsson.

Baca juga:  Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona Meninggal Dunia

Indonesia unggul 1-0 atas Islandia.

Pada injury time babak pertama, Gudmundsson menyamakan kedudukan. Pemain Eindhoven berusia 20 tahun itu mencetak gol lewat sepakan ringan setelah berhasil melewati Rezaldi Hehanusa Hansamu Yama, dan Fachruddin.

Kedudukan di babak pertama antara Indonesia dengan Islandia imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia menurun. Islandia membuat beberapa perubahan pemain.

Milla memasukkan Evan Dimas untuk mengganti Septian David Maulana pada menit ke-58. Namun, masuknya Evan belum bisa mengangkat moral pemain Timnas.

Pasukan Garuda malah kebobolan di menit ke-59. Bermula dari sepak pojok Gudmundsson yang disambar oleh Ottar Karlsson. Tembakan Karlsson masih membentur tiang, namun dapat dimanfaatkan oleh Arnor Smarason. Oleh Smarason ditembak dengan ringan dan terjadi gol.

Indonesia ketinggalan 1-2.

Milla juga memberikan kesempatan kepada Hanif untuk turun bermain. Dia menggantikan Bayu Pradana.

Perubahan itu tak membuahkan hasil. Islandia malah berhasil menambah gol lewat penalti Hansamu membuat pelanggaran.

Sepakan pelan Gudmundsson pada menit ke-65 gagal diantisipasi Andritany yang mengira bola bergerak ke arah kiri.

Baca juga:  Kevin/Marcus Juara Australia Terbuka Super Series, Greysia/Nitya Runner-up

Milla merespons ketinggalan itu dengan menarik keluar Ilham Udin dan memasukkan Boaz Salossa.

Gudmunsson mencetak hattrick. Dia berhasil menjebol gawang Andritany pada menit ke-75.

Di menit terakhir, Milla menurunkan Egy Maulana Vikri. Dia menggantikan Osvaldo Haay.

Tak ada perubahan skor hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia kandas 1-4.

Susunan pemain kedua negara:

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede (Gavin Kwan Adsit 77′), Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Muhammad Hargianto (Andik Vermansah 79′), Bayu Pradana (Hanif Syahbandi 65′); Osvaldo Haay (Egy Maulana Vikri 89′), Septian David (Evan Dimas 56′), Febri Hariyadi; Ilham Udin Armaiyn.

Timnas Islandia: Alex Runarsson; Holmar Eyjolfsson, Jon Fjoluson, Felix Fridriksson, Olafur Skulason (Hilmar Halldorsson (56′), Arnor Smarason, Arnor Traustason (Albert Gudmundsson 27′), Samuel Fridjonsson (Vidar Ari Jonsson 68′), Kristian Finnbogason, Andre Bjarnasson (Ottar Magnus Karlsson 56′), Aron Sigurdarson.