by

Indonesia Raih Juara 1 MTQ Hafal Al Quran di Qatar

Thoriq bin Edi Rahmad (ketiga dari kiri)

Indonesia meraih juara pertama dalam Mussabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sheikh Jasim bin Muhammad bin Thani Competition kategori tahfizh 30 juzz Alquran yang digelar di Qatar. Putra Indonesia bernama Thoriq bin Edi Rahmad berhak atas hadiah uang sebesar QAR 100.000 (Rp374 juta).

Kompetisi itu digelar di salah satu hotel paling prestisius di Qatar, Hotel Sheraton Doha. Duta Besar Indonesia untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi menyampaikan kebanggaannya atas prestasi Thoriq.

Kemenangan anak itu berperan penting dalam diplomasi sosial budaya yang mengharumkan nama Indonesia di Qatar. Toriq Rahman adalah putra Edi Rahmad yang merupakan Ketua Indonesia Diaspora Network (IDN) di Kuwait.

Baca juga:  Tabrakan 3 Kendaraan di Tol Cipali Pagi Ini

Thoriq yang juga penerima program beasiswa pendidikan di Qatar menyisihkan 600 pesaing lainnya dari berbagai negara. Juara kedua hingga kelima dalam kompetisi ini masing-masing memperoleh QAR 85.000; QAR 70.000; QAR 60.000 dan QAR 50.000.

”Saat diberikan kabar gembira ini, (Duta Besar Basri) langsung memberikan ucapan selamat dan mengundang Thoriq ke Wisma Duta untuk syukuran,” kata pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan, Rabu (13/12).

Dubes Basri menghargai kemenangan Thoriq yang dianggap berperan mengharumkan nama bangsa dan berkontribusi dalam mempromosikan hubungan Indonesia-Qatar.

Diplomat yang juga mantan anggota DPR RI ini juga menegaskan pentingnya kontribusi komunitas diaspora di Qatar dalam meningkatkan hubungan kedua negara, khususnya dalam kegiatan sosial budaya.

Baca juga:  Reklamasi Ancol Banyak Kontroversi, Anies: Ini untuk Lindungi Warga dari Banjir

”Kemenangan Thoriq diharapkan dapat menjadi teladan bagi komunitas diaspora di perantauan dan menjadi contoh bahwa kualitas manusia Indonesia sangat mumpuni,” ujar Basri yang merupakan mantan pilot F-16 pertama Indonesia ini.

Sheikh Jassim Bin Muhammad Holy Qur’an Competition adalah kompetisi musabaqah yang paling prestisius di Qatar dengan hadiah yang besar bagi pemenangnya. Kejuaraan ini didedikasikan untuk mengenang komitmen terhadap nilai-nilai mulia Sheikh Jassim Bin Muhammad Al-Thani sebagai pendiri negara Qatar.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed