DPR Minta Polisi Tindak Tegas Dalang Penolakan Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad (IST)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) minta polisi menindak dalang yang menolak ceramah Ustadz Abdul Somad di Bali.

“Aparat kepolisian jangan membiarkan kasus-kasus seperti ini,” kata Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, Selasa (12/12).

Kata Taufik, polisi harus segera menindak kelompok atau seseorang yang mencegah Ustadz Abdul Somad sehingga ketenangan umat Islam.

“Apa jadinya kalau kemudian umat Islam di daerah lain terprovokasi dengan tindakan oknum yang memanaskan suasana di Bali,” ungkapnya.

“Saya tidak bisa membayangkan kalau kejadian itu sampai berbuntut pengusiran atau kekerasan terhadap umat Islam yang terlibat dalam acara tausiah itu. Bisa saja sentimen antaragama yang meluas kemana-mana, bahkan bisa memunculkan kekerasan. Untungnya aparat kepolisian Bali bisa mengatasi suasana di sana,” kata wakil dari PAN tersebut.

Baca juga:  Anggota DPR Ungkap Karyawan Sarinah Dilarang Berjilbab

Taufik mengingatkan bahwa kejadian seperti itu tidak boleh terjadi lagi. Sehingga aparat kepolisian harus bekerja mengusut orang-orang yang menjadi provokator kejadian di Bali.

Kerukunan umat beragama, kata Taufik, tidak boleh dirusak oleh oknum-oknum provokator. “Isu agama sangat sensitif dan gampang jadi memicu kekerasan. Jadi aparat jangan segan-segan untuk menindak dengan tegas,” kata Taufik.

Disinggung tentang alasan penolakan bahwa ustaz Abdul Somad dianggap anti-NKRI, Taufik mengatakan, serahkan masalah itu ke aparat kepolisian.

“Polisi kan mengawasi kegiatan yang dilakukan. Kalau memang kegiatan itu melawan bentuk pemberontakan terhadap Pancasila dan NKRI, kan tinggal ditindak denga tegas. Proses dengan menggunakan UU Makar. Jadi jangan main-main menggunakan massa untuk membubarkan kegiatan keagamaan. Itu sangat sensitif dan mudah meluas,”ungkap Taufik.

Baca juga:  Bubarkan DPR

Taufik mengingatkan jika polisi tidak menindak tegas, maka bisa saja muncul provokator di daerah lain. “Karena oknum itu merasa apa yang dilakukan aman-aman saja. Jadi akan diulang lagi, dan ditiru di daerah lain,” kata Taufik.