21 UKM Inspiratif Seluruh Indonesia Terima Penghargaan Smesco Award 2017 dari Menkop

Menkop dan UKM AAGN Puspayoga didampingi Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi dan Pemred Majalah Peluang Irsyad Muchtar, menyerahkan penghargaan kepada Walikota Malang Anton, Sabtu (9/12/2017) di Jakarta

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga memberikan penghargaan bagi 21 UKM yang dianggap inspiratif dari seluruh Indonesia berupa Smesco Award 2017. Acara itu merupakan kerja bareng LLP-KUKM dengan Majalah Peluang. Mereka dinilai memiliki kinerja usaha fenomenal dan mampu menginspirasi dunia usaha.

“Saya berharap Smesco Award ini menjadi salah satu pemicu untuk menggerakkan kewirausahaan di Indonesia. Pemerintah akan terus mendorong berbagai upaya untuk menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia. Meski rasio kewirausahaan sudah meningkat dari 1,65% menjadi 3,01% namun masih di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand,” ujar Puspayoga pada acara penganugerahan Smesco Award 2017 di Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Di acara yang berkolaborasi dengan Malang Business Forum Festival dan Kuliner Warisan Enak, Puspayoga menyebutkan bahwa penyebutan nama pengusaha inspiratif karena keberadaan mereka diharapkan dapat memicu tumbuhnya wirausaha baru. “Produktifitas memang harus ditingkatkan, namun juga harus dibarengi dengan peningkatan kreatifitas agar produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah”, kata Puspayoga.

Menkop dan UKM juga mengapresiasi kinerja Kota Malang yang mampu mengembangkan ekonomi digital dan ekonomi kerakyatan di wilayahnya. “Peran pemerintah adalah memberikan kemudahan dalam pembiayaan yaitu KUR dengan bunga 9% serta fasilitasi hak cipta dan merek secara online dan gratis,” ucap Puspayoga.

Sementara Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM Emilia Suhaimi menjelaskan, dari 150 pengusaha yang dinilai inspiratif, tim penilai yang terdiri dari tujuh orang telah melakukan seleksi yang sangat ketat. Hasilnya, sebanyak 21 UKM yang dinilai layak menerima Smesco Award 2017.

Penilaian terhadap para pengusaha inspiratif itu dipilih dalam lima kategori. Yaitu, pengusaha inspiratif berbasis karya inovasi kreasi, pengusaha inspiratif berbasis kearifan lokal, pengusaha pemula inspiratif, pengusaha wanita inspiratif, dan pengusaha inspiratif berorientasi ekspor. “Boleh jadi, mereka bukan yang terbaik. Tetapi, apa yang telah mereka kerjakan dapat menggugah semangat para pelaku UKM lainnya untuk bangkit dan berprestasi,” tandas Emilia.

Baca juga:  Mahasiswa Magelang Ciptakan Prototipe Mobil Hemat Energi

Emilia menambahkan, UKM memang terus tumbuh dengan berbagai karya inovatif dan mampu meningkatkan angkatan kerja. Namun, faktor modal dan pemasaran masih sering dikeluhkan sebagai kendala utama. “Karenanya, LLP KUKM sebagai rumah bagi UKM Kreatif berupaya memberikan bantuan dan bimbingan kepada UKM dari segi pemasaran, packaging, maupun solusi permodalan”, tukas Emilia.

Job Creator

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Malang Muhammad Anton menekankan bahwa kalangan generasi muda harus segera mengubah pandangan dari job seeker menjadi job maker dan job creator. “Kita memiliki potensi bonus demografi yang amat strategis dan positif. Tapi, potensi itu bisa menjadi negatif bila tidak dikelola dengan baik,” kata M Anton.

Untuk mewujudkan itu, lanjut M Anton, butuh peran para pengusaha untuk membangun iklim kondusif bagi pengembangan kewirausahaan di Kota Malang. “Dalam membangun ekonomi kreatif Kota Malang kita membangun sinergi yang melibatkan empat elemen, diantaranya pemerintah, pengusaha, akademisi, dan masyarakat ekonomi kreatif. Langkah itu bakal melahirkan unit-unit usaha di Kota Malang, yang bergerak secara linier,” kata M Anton.

M Anton mengakui, dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang, pihaknya mengacu kepada program Reformasi Total Koperasi yang digulirkan Kementerian Koperasi dan UKM. “Hasilnya, angka kemiskinan di Kota Malang turun dari 5,90% menjadi 4,60%. Begitu juga dengan tingkat pengangguran menurun dari 43% menjadi 29,60%. Bahkan, pertumbuhan ekonomi Kota Malang yang terbesar di Jawa Timur sebesar 5,61%,” tuturnya.

Adapun para pengusaha penerima Smesco Award 2017 tersebut adalah sebagi berikut:

Pengusaha dengan karya inovasi dan kreasi Inspiratif

1. Ivan R Sini (pengusaha Café dan Resto Cikang, DKI Jakarta)

Baca juga:  Menang Juara Umum MTQ Nasional ke-29, Gubernur Khofifah Beri Bonus kepada Anggota Kafilah Jatim

2. Bahri Devi, PT Mitra Food Indonesia

(pengusaha Superandang, Bekasi, Jawa Barat)

3. Faldo Maldini, PT Langgar Nanotek Indonesia (industri manufaktur berbasis SDA, DKI Jakarta)

4. Kustalani Syakir, UD. Batik Tubo

(pengusaha Batik Tubo, Ternate, Maluku Utara)

5 Devi Raissa Rahmawati, PT. Lubang Kelinci Indonesia (pengusaha pembuat buku bayi dan balita, DKI Jakarta)

Pengusaha dengan karya berbasis kearifan lokal

1. Amir bin Salim, CV Sayang Heuleut (pengusaha jahe merah dan tenun baduy, Banten)

2. Intan Liana, “Nani Liana” (pengusaha anyaman akar keladi air, Pontianak, Kalimantan Barat)

Pengusaha pemula inspiratif

1. Sanyata (pengusaha kue kering N&N, Salatiga, Jawa Tengah)

2. Hanunah, CV Alif Collection (pengusaha konveksi rumah tangga, Tangerang, Banten)

Pengusaha wanita Inspiratif

1. Hanna Marlina, PT Calista Tritunggal Sentosa (pengusaha Garmen, Jakarta)

2. Uchy Hardiman, Abimata Corporate Group (pengusaha hiburan/film/PH, Jakarta)

3 Khoe Ribka, PT Indosemar Muliakarya (pengusaha hotel, Jakarta)

4. Yuliana, Batam, PT Harapan Jaya Medika (pengusaha kesehatan, Batam)

5. Entrepreneur Inspiratif Berorientasi Ekspor

1. Irianto,CV Cipta Graha (pengusaha furniture & craft, Probolinggo, Jawa Timur)

2. Hari Mastutik, CV Arjuna 999 (pengusaha kripik buah, Malang, Jawa Timur)

3. Helda Dewi Damayanti, PT Safeline Indonesia (pengusaha makanan, snack, Bekasi, Jawa Barat)

4. Fitria Nahdi, PT. Usaha Fitria Investindo (pengusaha, aksesoris, DKI Jakarta)

5. Ir. Erie Sasmito, UD. Permata Furni, (pengusaha furniture, Semarang, Jawa Tengah)

6. Belmont Setiawan, CV. PernakPernikku (pengusaha keramik, DKI Jakarta)

7. Sofie Agustine, PT Diajeng Arcadia Trimitra (pengusaha handycraft, Depok, Jawa Barat)

8. Agustine, Agustine Embroidery (pengusaha handycraft, Bogor, Jawa Barat)