Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Indonesia tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 diumumkan oleh Presiden FIBA, Horacio Muratore, Sabtu (9/12/2017). (dok. FIBA)

Bersama Jepang dan Filipina, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023  Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta agar PP Perbasi serius menyiapkan venue dan Tim nasional.

Indonesia bersama Jepangd an Filipina terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2013 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/10/2017). Mereka mengalahkan Argentina yang mengajukan diri bersama-sama dengan Uruguay.

Menpora Iman Nahrawi mengapresiasinya. Dia mengatakan terpilihnya Indonesia menjadi bukti Indonesia memang layak dipercaya menggelar event-event internasional.

“Terima kasih atas kepercayaannya kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket. Ini sebagai tanda bahwa masyarakat Indonesia harus siap-siap terus untuk menerima kepercayaan penyelenggaraan event dunia,” kata Imam kepada seperti kami kutip dari detikSport, Minggu (10/12/2017).

“Tentu juga harus disiapkan dengan baik atletnya, infrastruktur, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik,” ujar dia kemudian.

Imam akan segera berkoordinasi dengan Ketua Komite Olimpiade (KOI) Erick Thohir, yang juga Presiden South East Asian Basketball Association (SEABA), untuk mematangkan persiapan. 

“Kami akan segera koordinasi dengan Bapak Erick Thohir dan PB Perbasi sekembalinya dari Swiss untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan sabagai tuan rumah,” menteri asal Bangkalan itu mengungkapkan.

Sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023, Indonesia akan menjalani pemanasan lebih dulu sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mulai 18 Agustus sampai 2 September di Jakarta dan Palembang.