Hasil Rekapitulasi Hasil Liga 1 2017, Bhayangkara FC Juara

(Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bhayangkara FC memastikan diri menjadi juara Liga 1 2017. Tim asuhan Simon McMenemy menempati posisi teratas di klasemen akhir Liga 1 2017 dengan mengoleksi 68 poin.

Poin milik Bali United, yang menduduki peringkat kedua Liga 1 sesungguhnya sama dengan Bhayangkara. Namun, dalam head to head, Bali United selalu kalah dari Bhayangkara, yang menang 3-2 di kandang dan 3-1 saat tandang.

Di Liga 1 diketahui memakai sistemnya head to head untuk penentuan dua tim yang memiliki poin sama. Sempat diwarnai kontroversi dalam hasil laga Mitra Kukar, Bhayangkara tetap menjadi juara kendati kalah 1-2 dari Persija Jakarta di pekan pamungkas Liga 1 2017.

Baca juga:  Lewat Penalti, Totti Cetak Gol di SUGBK

Yang menarik dari Liga 1 2017, terjadi pemecahan rekor pencetak gol terbanyak. Rekor sebelumnya yang dipegang Peri Sandria dari Bandung Raya dengan 34 gol dipecahkan bomber Bali United lewat torehan 37 gol.

Sederet pemain asing ternama juga didatangkan ke klub Liga 1 2017, yang menambah kemeriahan kompetisi kasta tertinggi tanah air. Pemain sekelas Michael Essien dan Peter Odemwingie turut meramaikan kompetisi ini.

Dengan segala kontroversi dan kekurangan, kompetisi Liga 1 2017 tetap berjalan menarik. Terbukti, Persib Bandung yang dianggap tim bertabur bintang, malah harus finis di posisi ke-13 dari 18 tim peserta Liga 1.

Baca juga:  Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16

Berikut Rekapitulasi Liga 1 2017 versi Soccerway:

Juara Liga 1: Bhayangkara FC

Runner up: Bali United

Top Scorer: Sylvano Comvalius (Bali United) 37 gol

Assist Terbanyak: Wiljan Pluim (PSM Makassar) dan Boaz Solossa (Persipura Jayapura) 13 assist

Kartu Merah Terbanyak: Sandi Sute (Persija Jakarta) 3 kartu merah

Degradasi: Persegres Gresik United, Persiba Balikpapan, dan Semen Padang

[liputan6]