Media Asing Soroti Uskup di Indonesia Main Perempuan & Gelapkan Uang Gereja

Uskup Hubertus Leteng (IST)

Beberapa media asing seperti BBC, AFP, Seattle Times dan sebagainya menyoroti Uskup Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur yang bernama Hubertus Leteng yang dituding main perempuan dan menggelapkan uang gereja.

BBC dan AFP, seperti dikutip pada Kamis (12/10/2017), menyebut Uskup Hubertus dituding oleh sejumlah pastur di wilayahnya, telah menjalin hubungan intim dengan seorang wanita dan menggelapkan dana gereja sebesar US$ 124 ribu (Rp 1,6 miliar).

Kepada BBC, Uskup Hubertus menegaskan dana yang diambilnya digunakan untuk mendidik kaum muda yang miskin. Soal tudingan dirinya menjalin hubungan dengan seorang wanita, Uskup Hubertus menyebut hal itu ‘fitnah’. detik

Baca juga:  Jusuf Kalla: Ceramah Ustadz Abdul Somad Meneduhkan

Pihak Vatikan mengatakan, Uskup Hubertus telah menyatakan mengundurkan diri.

“Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri dari penanganan pastoral pada Keuskupan Ruteng, Indonesia, yang diajukan oleh Hubertus Leteng,” demikian pernyataan resmi Kantor Paus Fransiskus dalam situsnya.

Dengan mundurnya Uskup Hubertus, posisinya akan digantikan sementara oleh Uskup Denpasar, Sylvester San, sembari menunggu penunjukan yang baru. Vatikan tidak membahas lebih rinci soal kasus yang menjerat Uskup Hubertus.

Sebelum Hubertus mengundurkan terkait kabar skandal itu, Juni 2017 sebanyak 69 pastur di Indonesia telah mengundurkan diri sebagai bentuk protes atas perilaku bejat Uskup Hubertus.

Baca juga:  Polsek Sekaran Lamongan Rutin Patroli Malam Hari