Jokowi Coba Amankan suara di Madura untuk Pilpres 2019

Presiden Jokowi (IST)

Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam beberapa acara di Madura untuk mengamankan suaranya di Pulau Garam di Pilpres 2019.

“Pilpres 2014, suara Jokowi kalah dengan Prabowo. Untuk mengamankan suara di Pilpres 2019, JOkowi menghadiri beberapa acara di Pulau Garam itu termasuk berpakain ala santri,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Senin (9/10).

Menurut Muslim, Jokowi berharap Madura dapat memberikan kemenangan di Pilpres 2019. “Jokowi mencoba mendekati ulama Madura agar tokoh agamanya memberikan kontribusi untuk suara di Pilpres 2019,” jelas Muslim.

Kata Muslim, karakter warga Madura yang taat kepada ulama maupun kiai diharapkan bisa memberikan ‘fatwa’ agar memilih Jokowi di Pilpres 2019. “Jokowi lupa, warga Madura masih menghormati Habib Rizieq yang saat ini mendapat kezaliman dari penguasa,” papar Muslim.

Muslim mengatakan, Habib Rizieq mempunyai basis pendukung yang kuat di Madura. “FPI cabang madura sangat banyak anggotanya. Saat Pilkada DKI, kiai-kiai Madura mendukung Anies-Sandi termasuk meminta warga Madura di Jakata memilih pasangan nomor tiga itu,” papar Muslim.

Presiden Jokowi menghadiri acara Hari Perdamaian Internasional Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Sabtu (8/10).

Selain itu, dia juga akan menghadiri Halaqah Kebangsaan Ulama, Pengasuh Pesantren, dan Santri Berprestasi se-Madura yang digelar di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Kabupaten Sumenep, Madura