Minta Anggaran Rp3 T Buat Film Kebangsaan, Cak Imin Dituding Cari Proyek

Ketum PKB Muhaimin Iskndar atau Cak Imin (IST)
Ketum PKB Muhaimin Iskndar atau Cak Imin (IST)

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) cari proyek dengan mengusulkan anggaran RP 3 triliun untuk pembuatan film kebangsaan.

Demikian dikatakan aktivis politik Ahmad Lubis kepada intelijen, Rabu (23/8). “Kalau usulan itu disetujui, PKB minta bagian. Itu hal lumrah dalam politik,” ungkap Lubis.

Kata Lubis, saat ini, PKB butuh dana untuk menggerakkan partai agar menjadi besar dan bisa masuk kekuasaan. “Konstituen PKB terus diperluas bukan hanya kalangan NU dan itu perlu dan yang besar,” ungkap Lubis.

Menurut Lubis, PKB punya target menguasai beberapa kementerian termasuk mengusulkan anggaran berbagai proyek agar bisa mendapatkan dana. “Sudah bukan rahasia lagi dana partai itu dari berbagai proyek negara,” pungkas Lubis.

Cak Imin menyarankan pemerintahan Presiden Jokowi menganggarkan sedikitnya Rp 3 Triliun untuk pembuatan film kebangsaan. Sosialisasi masalah kebangsaan melalui film, kata Muhaimin, lebih efektif ketimbang lewat ceramah dan seminar.

Masalah kebangsaan yang diamksud seperti pemahaman Pancasila di kalangan pemuda, penerapan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat serta menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republi Indonesia). “Film sebagai media sosialisasi ideologi negara sangat tepat,” kata Muhaimin dalam acara Penganugerahan Pemenang PKB Movie Award 2017 di Museum Fatahillah, Jakarta, Sabtu (19/8).