Desak Kader PAN Didepak, PDIP tak Suka Langkah Amien Rais Kritisi Jokowi

Amien Rais (IST)
Amien Rais (IST)

PDIP tidak suka langkah Amien Rais mengkritisi pemerintah dengan meminta kader PAN di kabinet didepak.

“PDIP meminta kader PAN didepak karena selama ini Amien Rais kritis kepada Jokowi dan saat ini efek dari Pilkada DKI Jakarta,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Jumat (14/7).

Kata Muslim, PDIP masih sakit hati terhadap PAN yang secara terbuka tidak mendukung Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta.

“PAN dianggap tidak sesuai permintaan Ketua Umum PDIP Megawati yang meminta koalisi pemerintah mendukung Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta,” ungkap Muslim.

Menurut Muslim, permintaan PDIP melalui Sekjennya Hasto Kristianto kemungkinan akan ditindaklanjuti Presiden Jokowi. “Sebagai petugas partai, Jokowi akan mengikuti PDIP mencopot anggota kabinet dari PAN,” jelas Muslim.

Selain itu, kata Muslim, PAN dianggap tidak mendukung Perppu tentang pencabutan ormas. “Kader-kader PAN di parlemen bersuara keras atas Perppu tersebut,” ungkap Muslim.

PDIP meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ihwal tersebut diutarakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Ia menilai, PAN sudah tidak loyal sebagai partai pendukung pemerintah.

“Ketika partai menyatakan mendukung, tapi di tingkat implementasi justru bersifat setengah-setengah, Presiden punya kewenangan untuk melakukan evaluasi,” kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Kamis (13/7).

Baca juga:  Tokoh Tionghoa Bongkar Amien Rais Jadi Target Operasi Intelijen Pembunuhan Karakter