Madrasah Aliyah Negeri Serpong Raih Nilai Tertinggi Rata-rata UN

Menag Lukman didampingi Dirjen Pendidikan Islam tinjau UNBK di MAN IC Serpong. (foto: humas)
Menag Lukman didampingi Dirjen Pendidikan Islam tinjau UNBK di MAN IC Serpong. (foto: humas)

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Tangerang Banten, mampu meraih nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mata Uji IPS siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Tangerang Banten, tertinggi secara nasional.

“Alhamdulillah, untuk mata uji IPS, rata-rata UNBK MAN IC Serpong tertinggi secara nasional dengan angka 88,94,” papar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin. di Jakarta, Kamis (06/07).

“Kementerian Agama berupaya keras untuk menularkan kualitas MAN IC Serpong kepada madrasah-madrasah di Indonesia,” tegasnya seperti kami kutip dari poskotanews.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Nur Kholis Setiawan menambahkan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis rerata hasil UNBK nasional berbasis provinsi. Dari situ diketahui kalau rerata MAN IC Serpong unggul pada mata uji IPS secara nasional.

Baca juga:  SD N 2 Tambakrigadung Lamongan Tekad Raih Adiwiyata Mandiri Nasional 2020

posisi-madrasah1

posisi-madrasah2

“Nomor dua adalah SMA Kristen 1 BPK Penabur Jakarta dengan 88,47. Berada di urutan ketiga SMA Santa Ursula BSD dengan 86,77. Disusul kemudian SMA Negeri 8 Jakarta dengan 86,58 dan SMA Santa Ursula Jakarta dengan 85,86. MAN IC Gorontalo berada diurutan keenam dengan 85,44,” jelasnya.
Angka ini, lanjut M. Nur Kholis, menunjukan bahwa madrasah saat ini tidak sekedar bisa menyamai sekolah, tapi bahkan juga sudah unggul. “Prestasi ini akan terus dijaga dan diperluas agar bisa juga dicapai oleh madrasah-madrasah lainnya,” harapnya.

Tidak hanya pada mata uji IPS, kata M. Nur Kholis, madrasah juga tidak kalah menonjol pada mata uji IPA. Secara nasional, rerata UNBK MAN IC Serpong untuk mata uji IPA menempati urutan ketiga dengan nilai 87,10.

Baca juga:  Protes Petani Persil Dradah Lamongan Lahannya Diserobot, Ini Tanggapan PG KTM

“MAN IC Serpong hanya kalah dari SMA Kristen 1 BPK Penabur Jakarta dengan rata-rata 88.40 dan SMA Kristen Karunia Jakarta dengan rata-rata 87.63,” terangnya.

Kepala MAN IC Serpong Persahini Sidik (Penny) saat dihubungi melalui telepon menjelaskan bahwa UNBK MAN IC Sepong diikuti 111 siswa, 29 pada program IPS dan 82 siswa pada program IPA. Penny mengaku tidak ada treatment khusus yang diberikan kepada siswa, kecuali dengan rutin dalam review materi di semester ganjil dan pembahasan soal-soal pada semester genap.

“Kalau mau sukses, harus komitmen dan total. Sabar menghadapi anak-anak. Sebisa mungkin memenuhi keinginan mereka,” ungkapnya berbagi tips sukses belajar siswa MAN IC Serpong. (kemenag.go.id)