Terkait Pelaporan ke Ustadz Abdul Somad, Aktivis Gemasaba Riau Minta Polisi tak Gegabah

Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) meminta aparat kepolisian tidak gegabah terhadap oknum ormas yang akan melaporkan Ustadz Abdul Somad Lc, MA.

“Diharapkan bagi aparat kepolisian agar lebih teliti dalam memahami pengaduan tersebut,” kata Ketua DPC Gemasaba Kota Pekanbaru Larshen Yunus dalam pernyataan kepada suaranasional, Jumat (9/6).

Kata Larshen, semua orang memiliki hak dalam melakukan pengaduan, namun harus jelas informasi serta dasar atas pengaduan tersebut.

“Jangan enteng sekali mengadu sana sini, tapi pembuktian tidak jelas,” ungkapnya.

Larshen mengingatkan, Ustadz Abdul Somad adalah tokoh ulama yang sangat dihormati, jangan karena hal-hal sepele justru menimbulkan kekacauan baru.

“Bukan hanya nama baik beliau selaku tokoh agama, masyarakat Riau akan merasakan hal yang sama, karena telah menganggap Ustadz Abdul Somad sebagai guru dan panutan kehidupan sehari-hari,” jelas Larshen.

Larshen meminta pihak kepolisian dapat lebih komperehensif lagi dalam menindaklanjuti laporan tersebut, agar tidak terjadi kekeliruan, yang justru dapat merugikan nama baik Ustadz Abdul Somad.

“Kalaulah memang oknum yang mengadukan tersebut merujuk dari barang bukti video yang bersumber dari Youtube, maka sudah seharusnya pihak kepolisian dapat mengikutsertakan tim cyber crime, agar dilakukan gelar perkara, supaya jelas terkait denganfakta atas video yang disangkakan,” paparnya.

Ia mengajak bagi seluruh masyarakat Riau untuk tidak terpancing situasi apalagi emosi. “Mari bersama kita hindari hal-hal yang dapat memicu konflik,” pungkas Larshen.