Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1438H Jatuh Hari Sabtu 27 Mei 2017

Sidang Isbat 1438 H
Sidang Isbat 1438 H – detikcom

Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Sabtu (27/5/2017) besok. Keputusan ini berdasarkan sidang isbat di kantor Kementerian Agama (Kemenag) malam ini.
“Awal sidang kami dapat laporan setidaknya dari 4 titik, mereka petugas yang berpengalaman. Kami mendapat laporan mereka di NTT, Sulut, Jatim, dan Kepulauan Seribu berdasarkan laporan mereka melihat hilal. Maka dengan 2 hal tadi seluruh peserta sidang malam ini memasuki Ramadan, besok pagi kita akan mengawali puasa,” ucap Menteri Agama Lukman Saifuddin di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).
Metode yang digunakan pemerintah untuk menentukan awal Ramadhan menggunakan metode rukyat dengan melihat posisi hilal. Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau teleskop dan dilihat setelah matahari terbenam atau waktu magrib.
Sore ini, Menag menerima paparan posisi hilal dari pemantau di 33 provinsi. Setelah menerima paparan, Menag memimpin sidang isbat secara tertutup seusai salat magrib. Ada 84 lokasi pemantauan hilal.
Sejumlah perwakilan turut hadir dalam sidang isbat. Mereka di antaranya perwakilan dari PBNU, PP Muhammadiyah, MUI, wakil ketua Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis, dan imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar. [detik]

Baca juga:  Mimpi Basah di Siang Hari, Puasa Batal?