Proyek Meikarta Lippo, Aktivis Politik: Bagian Chinanisasi di Indonesia

Proyek Meikarta Lippo Group (IST)
Proyek Meikarta Lippo Group (IST)

Mega proyek pembangunan kota baru berskala internasional, Meikarto milik Lippo Group bagian dari Chinanisasi di Indonesia.

“Meikarta itu akan dihuni orang-orang China mirip proyek reklamasi maupun di perumahan Pantai Indah Kapuk, perumahan Pantai Mutiara, perumahan Kelapa Gading,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Senin (22/5).

Kata Rahman, proyek Meikarta bagian dari Chinanisasi di Indonesia. “Mereka punya aturan sendiri di wilayah Meikarta,” papar Rahman.

Menurut Rahman, kebhinnekaan, toleransi hanya omong kosong kalau orang-orang China berkelompok sendiri.

“Ahoker yang warga keturunan China itu faktanya tidak mau bergabung dengan warga setempat. Mereka memiliki rumah yang satu komplek dengan warga keturunan lainnya,” jelas Rahman.

Rahman mengatakan, Chinanisasi di Indonesia tidak lepas dari kebijakan negeri Tirai Bambu One Belt One Road (OBOR). “China ingin mengembangkan pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara dan Indonesia menjadi targetnya,” pungkas Rahman. 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengkritik keras langkah Lippo Group yang akan memasarkan proyek Meikarta, pembangunan kota baru berskala internasional di Cikarang, Bekasi.

Seperti dilansir Bandung Bisnis.Com,  Deddy Mizwar mengatakan pihaknya terkejut dengan Lippo Group yang tiba-tiba sudah mengumumkan rencana membangun mega proyek dengan nilai investasi Rp278 triliun tersebut.

Menurutnya Meikarta ditawarkan ke publik sebelum Lippo mengurus perizinan ke provinsi. “Belum ada (kabar) izin, kok sudah diumumkan saja,” katanya

Baca juga:  Indonesia Terjajah Proyek Meikarta

4 comments

  1. macamana untuk kemajuan Tanah Sunda disangkut pautkan sama Chinanisasi…pake2 bawah ahok pula? ahok di DKI sementara ini di Cikarang. ini bukti kegoblokan rakyat, dan ini bukti kemunduran bangsa karena Radikalisasi2 berkembang dimasyarakat2 yang kecil, untuk mempengaruhi demi kepentingan politik. STOP HOAX!! yang ngasih ijin Gubernur bukan Wagub hahah..jng2 pengen jatah lagi..

  2. lagian masa Projek segitu besarnya gga punya ijin? Dongo tong dipelihara atuh..

  3. Ari maneh ngomong naon, manya euweh ijin. Saacan maneh borojol geus aya Lippo. Urang wae resep kotana dibangun, pan teu kudu jauh2 k jakarta

  4. Semoga masyarakat sadar bahwa pembangunan ekonomi di daerah tergantung dari investor yang mau berinvestasi dan pejabat yang mau memberi kemudahan kpd investor serta dukungan masyarakat, jadi jangan sampai fitnah di jadikan berita untuk mencegah kemajuan suatu daerah.

Comments are closed.