by

Proyek Meikarta Lippo, Aktivis Politik: Bagian Chinanisasi di Indonesia

Proyek Meikarta Lippo Group (IST)
Proyek Meikarta Lippo Group (IST)

Mega proyek pembangunan kota baru berskala internasional, Meikarto milik Lippo Group bagian dari Chinanisasi di Indonesia.

“Meikarta itu akan dihuni orang-orang China mirip proyek reklamasi maupun di perumahan Pantai Indah Kapuk, perumahan Pantai Mutiara, perumahan Kelapa Gading,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Senin (22/5).

Kata Rahman, proyek Meikarta bagian dari Chinanisasi di Indonesia. “Mereka punya aturan sendiri di wilayah Meikarta,” papar Rahman.

Menurut Rahman, kebhinnekaan, toleransi hanya omong kosong kalau orang-orang China berkelompok sendiri.

“Ahoker yang warga keturunan China itu faktanya tidak mau bergabung dengan warga setempat. Mereka memiliki rumah yang satu komplek dengan warga keturunan lainnya,” jelas Rahman.

Rahman mengatakan, Chinanisasi di Indonesia tidak lepas dari kebijakan negeri Tirai Bambu One Belt One Road (OBOR). “China ingin mengembangkan pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara dan Indonesia menjadi targetnya,” pungkas Rahman. 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengkritik keras langkah Lippo Group yang akan memasarkan proyek Meikarta, pembangunan kota baru berskala internasional di Cikarang, Bekasi.

Seperti dilansir Bandung Bisnis.Com,  Deddy Mizwar mengatakan pihaknya terkejut dengan Lippo Group yang tiba-tiba sudah mengumumkan rencana membangun mega proyek dengan nilai investasi Rp278 triliun tersebut.

Menurutnya Meikarta ditawarkan ke publik sebelum Lippo mengurus perizinan ke provinsi. “Belum ada (kabar) izin, kok sudah diumumkan saja,” katanya

Loading...
Loading...

loading...
Baca juga:  Di-Lockdown 59 Negara, Jokowi Gagal Atasi Covid-19

News Feed